Wapres Ingin Perguruan Tinggi Perkuat Ekonomi dan Keuangan Syariah

Wapres Ingin Perguruan Tinggi Perkuat Ekonomi dan Keuangan Syariah Kredit Foto: Instagram/kyai_marufamin

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menilai peran perguruan tinggi perlu diperkuat dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Menurut dia, perguruan tinggi dapat memberikan sumbangsih dalam bentuk pemikiran, inovasi,penyiapan sumber daya manusia (SDM), dan mendorong literasi dalam memajukan ekonomi dan keuangan syariah.

“Saya mengharapkan Universitas Sebelas Maret (UNS), sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, untuk mengambil peran dalam rangka mencetak generasi muda yang unggul di bidang ekonomi dan keuangan syariah dalam rangka mempercepat tumbuhnya ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia,” Kata Wapres saat memberikan keynote speech pada The 2021 Sebelas Maret International Conference On Islamic Economics yang digelar secara daring, Selasa (9/11).

Ma’ruf mengatakan dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia terdapat beberapa sektor kunci yang telah berkembang signifikan, yakni keuangan syariah, industri makanan dan minuman halal, kosmetik halal, obat-obatan halal, travel ramah muslim, fesyen muslim, serta media dan rekreasi bertema Islam.

“Kita bersyukur karena sektor-sektor tersebut berkembang secara signifikan di dalam negeri, salah satunya karena kita memiliki pasar muslim terbesar di dunia,” ujarnya.

Melihat perkembangan baik tersebut, Wapres pun meyakini potensi Indonesia untuk menjadi kekuatan ekonomi dan keuangan syariah dunia sangat besar, bukan hanya sebagai konsumen tetapi juga sebagai produsen.

“Mengutip Presiden Joko Widodo, potensi Indonesia di bidang ekonomi dan keuangan syariah bagaikan raksasa tidur yang sudah saatnya kita bangunkan untuk berkontribusi dalam upaya kita mewujudkan cita-cita menjadi negara maju tahun 2045,” urai Wapres.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini