Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dewas RRI Dinilai Tak Siap Gelar Seleksi Calon Direksi, Begini Tanggapan DPR RI

Dewas RRI Dinilai Tak Siap Gelar Seleksi Calon Direksi, Begini Tanggapan DPR RI Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dewan Pengawas (Dewas) Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) dinilai tidak siap dalam proses pembukaan pendaftaran seleksi calon Direksi Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI).

Pasalnya, pendaftaran calon jajaran Direksi RRI tersebut dilakukan secara online. Anenhnya, setelah keputusan pengumuman seleksi  bernomor: 01/TIMSELDIREKSI-RRI/11/2021 terbit Rabu 3 November 2021 dikutip oleh portal berita RRI.CO.ID dan Antaranews.com, tautan tersebut sempat tidak bisa di akses publik hingga pukul 22.00 WIB, Selasa (9/11/2021).

Padahal, jika merujuk keputusan tersebut penutupan penyerahan berkas akan berakhir pada Jumat 12 November 2021. Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi I DPR RI, Farhan menilai persiapan pendaftaran yang notabene tanggungjawab penuh Dewas memalukan lembaga RRI.

"Wah itu berarti ada cookies yang tidak di bangun dengan baik untuk security website-nya. Tampaknya vendornya gak bener," kata Farhan, kepada wartawan Selasa (9/11/2021) malam.

"Malu-maluin nih, masa Dewas RRI bikin web tapi gak secure," cetus politisi NasDem itu.

Untuk memastikan hal tersebut, Farhan sendiri mencoba mengakses tautan itu. Namun mantan presenter televisi itu kaget karena tak bisa masuk alias ngeblank. "Iya kacau," ujar Farhan.

Saat ditanya apakah hal tersebut ada indikasi untuk menghambat dan membatasi pihak luar untuk mendaftar?

"Gak lah. Itu sih teknis yang gak dijaga baik aja," katanya.

Kendati demikian, Farhan mengaku sudah melakukan komunikasi kepada pihak Dewas untuk segera memperbaiki dan memberi waktu perbaikan hingga Rabu (10/11/2021). Jika tidak, pihaknya akan memberikan teguran keras kepada Dewa RRI.

"Sudah saya sampaikan ke yang berwewenang di Dewas RRI agar segera diperbaiki. Kita lihat besok (Rabu 10 Nov 2021). Kalau gak beres juga baru kita tegur keras," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari juga mengaku kaget. Terlebih pihaknya juga belum diberitahu terkait sudah dibukanya pendaftaran seleksi calon Direksi Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI).

"Saya belum tahu, dan tidak diberi tahu," ujarnya saat dihubungi, Selasa (09/11/2021) di Jakarta.

Lebih lanjut, Legilastor PKS itu mengatakan, sejak Komisi I DPR memutuskan dan memilih Dewas RRI yang baru, pihaknya hingga saat ini belum pernah menerima laporan, audiensi, konsultasi maupun koordinasi.

"Kalau dulu nih, setiap tahapan seleksi selalu dikonsultasikan atau dilaporkan ke Komisi I DPR, nah yang ini kami malah tidak tau," tandasnya.

"Sekali lagi saya tegaskan, belum ada kordinasi terkait dengan tahapan seleksi tersebut. Mungkin para Dewas ini merasa sudah bisa jalan sendiri," tegasnya.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel:

Video Pilihan