Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tokopedia Luncurkan 'Tokopedia Bersama' dengan Prinsip Lima Pilar Utama

Tokopedia Luncurkan 'Tokopedia Bersama' dengan Prinsip Lima Pilar Utama Tokopedia meluncurkan program Tokopedia Beraksi untuk Sesama atau 'Tokopedia Bersama' untuk mengajak masyarakat peduli dengan isu sosial dan membantu kesejahteraan masyarakat guna mendorong pemulihan ekonomi. | Kredit Foto: Tokopedia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tokopedia meluncurkan program Tokopedia Beraksi untuk Sesama atau 'Tokopedia Bersama' untuk mengajak masyarakat peduli dengan isu sosial dan membantu kesejahteraan masyarakat guna mendorong pemulihan ekonomi.

"Tokopedia Bersama, melalui teknologi dan inovasi, fokus untuk berbuat baik dan memberdayakan berbagai kelompok masyarakat," kata Public Affairs Senior Lead Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan, dalam acara peluncuran Tokopedia Bersama yang digelar secara virtual, Jumat (19/11/2021).

Baca Juga: Baru Buka Bisnis Teknologi? UX Research Tokopedia Bagi Tips Bagus

Dalam menjalankan misinya, Tokopedia Bersama fokus pada lima pilar utama, yakni pendidikan dan teknologi, pemberdayaan perempuan, pemberdayaan kelompok difabel, penyintas bencana alam, serta aksi lingkungan.

"Program turunan Tokopedia Bersama mencakup kegiatan kerelawanan, program akselerasi UMKM, fitur donasi, pelatihan untuk berbagai kelompok masyarakat yang membutuhkan, hingga kegiatan tanggap bencana," tambah Aditia.

Havilla Gourmet Tea, Bagoes Bag, dan Dengar Indonesia merupakan contoh UMKM penerima manfaat salah satu program turunan Tokopedia Bersama 'Top Donasi x BenihBaik.com'. Melalui program ini, Tokopedia memberikan bantuan berupa dana dan peralatan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha.

Sejalan dengan visi Tokopedia Bersama, UMKM penerima manfaat juga turut berkomitmen dalam aksi sosial sekaligus memberdayakan berbagai kelompok masyarakat.

"Hampir seluruh produk Havilla Gourmet Tea berasal dari perkebunan lokal. Selain itu, tim kami terdiri dari 10 orang perempuan dan kami juga memberdayakan Komunitas Anak Spesial Indonesia (KPAS) melalui pelatihan tata boga," ungkap Co-founder Havilla Gourmet Tea, Ajeng Respati Hapsari Kusumawardhani, dalam kesempatan yang sama.

Kemudian, Direktur Operasional Bagoes Bag Ilham Firmansyah juga membagikan, "Tujuan awal mendirikan Bagoes Bag adalah menyediakan pengganti kantong plastik sekali pakai untuk mengurangi permasalahan sampah di Indonesia. Kami rutin mengikuti pameran dan berbagai acara untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menjaga lingkungan."

Sementara, UMKM Dengar Indonesia bergerak di bidang pemberdayaan kelompok difabel. "Dengar Indonesia merupakan kolaborasi lanjutan dari porgram Top Donasi Tokopedia pada 2019. Lewat inisiatif ini, kami memperkenalkan dan memasarkan karya pengrajin difabel sekaligus memberikan pelatihan memproduksi kerajinan tangan kepada mereka agar punya kesempatan yang sama untuk berkarya dan bekerja secara mandiri," jelas Project Manager Dengar Indonesia Mahrunnisa.

Selain itu, Tokopedia Bersama juga menjalankan program lainnya seperti Tokopedia Empowerment yang memayungi kegiatan pemberdayaan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pelatihan teknologi, peningkatan produktivitas usaha, serta pemberian modal usaha dan fasilitas bagi para pelaku UMKM.

"Deretan inisiatif di bawah naungan Tokopedia Bersama diharapkan dapat memberikan solusi menyeluruh yang dapat membantu seluruh masyarakat Indonesia, termasuk UMKM lokal, agar kita bisa bangkit bersama dan terus berkontribusi dalam memulihkan ekonomi," tutup Aditia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: