Petrokimia Gresik Raih "Gold Rank" di Ajang ASSRAT 2021

Petrokimia Gresik Raih "Gold Rank" di Ajang ASSRAT 2021 Kredit Foto: Petrokimia Gresik

Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia berhasil meraih predikat “Gold Rank” atas penerapan standar pelaporan yang transparan serta praktik bisnis berkelanjutan, pada keikutsertaan perdananya di ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021.

Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik, Budi Wahju Soesilo, Jumat (19/11) menyampaikan bahwa, transparansi merupakan komitmen Petrokimia Gresik sebagai tanggung jawab terhadap masyarakat dan stakeholder sehingga memahami program-program yang tengah dijalankan perusahaan.

“Petrokimia Gresik memberikan ruang kepada stakeholder untuk bisa mengakses laporan berkelanjutan perusahaan,” tandas Soesilo.

Baca Juga: Implementasi Konsep Green Port, Petrokimia Gresik Sukses Tekan Biaya Operasional

Adapun laporan berkelanjutan terbaru, Petrokimia Gresik mengusung judul “Great for Indonesia.” Dimana Great merupakan akronim dari kata growth, excellence dan worthwhile.

Dalam laporan tersebut disampaikan bahwa, sepanjang tahun 2020, Petrokimia Gresik telah menjalankan kinerja berkelanjutan di bidang melestarikan sumber daya, yaitu total penggunaan air untuk proses produksi sebesar 31.917.109 m3, kemudian intensitas energi dalam proses produksi Petrokimia Gresik tahun 2020 mencapao 3,32 GJ/ton untuk produksi pupuk dan 5,7 GJ/ton.

“Atas komitmen ini, Petrokimia Gresik telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) Republik Indonesia,” ujarnya.

Berikutnya, sustainability report Petrokimia Gresik juga memuat aspek aspek community development (comdev). Sepanjang tahun 2020, Petrokimia Gresik telah melakukan investasi sosial kemasyarakatan sernilai Rp 45,1 miliar.

“Dana ini juga disalurkan Petrokimia Gresik untuk mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19, terlebih Petrokimia Gresik merupakan Koordinator Satgas Tanggap Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur,” ujar Soesilo.

Petrokimia Gresik juga menyalurkan dana Program Kemitraan senilai Rp38,25 miliar untuk 299 mitra. Kemudian juga mendistribusikan  dana Program Bina Lingkungan senilai Rp6,84 miliar. Di sisi Nilai Survei Kepuasan Lingkungan terhadap perusahaan mencapai 86.53%.

“Di bidang ini, sustainability report Petrokimia Gresik juga menyampaikan aspek Keselamatan Kerja, aspek ekonomi, dan aspek Sumber Daya Manusia,” terang Soesilo.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini