Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelas China Ogah Bikin Konfrontasi, tapi Ada Negara yang Utamakan Kepentingan...

Jelas China Ogah Bikin Konfrontasi, tapi Ada Negara yang Utamakan Kepentingan... Kredit Foto: Xinhua
Warta Ekonomi, Beijing -

China tidak menginginkan konfrontasi atau konflik dengan negara mana pun karena perpecahan akan berujung pada jalan buntu.

"China siap melakukan kerja sama dengan semua negara untuk mendukung nilai-nilai kemanusiaan serta praktik multilateralisme," ujar Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam forum "Global Town Hall 2021" yang digelar secara virtual di Jakarta, Sabtu (20/11/2021).

Baca Juga: Di Forum Keamanan Dunia, Laksamana Top Amerika Bicara Ancaman China: Kecepatan Mereka Sangat Gila!

Ia mengatakan solidaritas dan kolaborasi sangat dibutuhkan untuk mengatasi berbagai macam tantangan global, seperti pandemi COVID-19, pemulihan ekonomi, dan vaksin.

"Kerja sama harus saling menguntungkan meskipun ada negara yang mengutamakan kepentingannya sendiri. Kerja sama harus dilakukan secara positif untuk mencapai keuntungan bersama," kata Wang Yi.

Ia mengungkapkan China terus bekerja sama dengan semua negara dalam rangka memperkuat konektivitas dan keterbukaan maupun mempromosikan inklusivitas.

"Di bawah Presiden Xi Jinping, China akan terus bekerja sama untuk memberikan lebih banyak dorongan pemulihan ekonomi dunia setelah pandemi COVID-19," kata Wang Yi.

China, lanjut dia, tetap berkomitmen untuk mengelola setiap perbedaan dengan dialog.

"China akan terus mengelola setiap perbedaan dengan dialog selama ada ketulusan serta komitmen untuk melakukan konsultasi atau dialog," kata dia.

China mengajak semua negara untuk dapat menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan, kata Wang Yi.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.com.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan