Mau Wujudkan Impian Kuliah di Jepang? Begini Tipsnya Ala Lister

Mau Wujudkan Impian Kuliah di Jepang? Begini Tipsnya Ala Lister Kredit Foto: Istimewa

Duta Besar Indonesia, Heri Akhmadi mendorong peningkatan jumlah pelajar Indonesia di Jepang yang disampaikan kepada Ketua Persatuan Pelajar Indonesia Pusat Jepang (PPIJ) pada periode 2020-2021 Yudi Ariesta Chandra dan pengurus PPIJ yang lain. 

“Kualitas pendidikan di Jepang sangat bagus dan setara dengan negara maju lain seperti Amerika Serikat, Inggris atau Australia. Namun biaya pendidikan di negeri Jepang jauh lebih murah. Kalau fakta ini disuarakan terus oleh PPI Jepang, niscaya ke depan Jepang akan menjadi magnet untuk melanjutkan pendidikan dan jumlah pelajar Indonesia akan jauh meningkat," demikian ditekankan Duta Besar Heri Akhmadi, seperti yang dikutip dari kemlu.go.id, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga: Profil Putri Mako, Keturunan Kekaisaran Jepang yang Memilih Jadi Rakyat Biasa

Negara Jepang unggul dalam bidang pendidikan vokasi dan pembangunan kapasitas SDM. Sistem pendidikan dan pengetahuan di Jepang sangat berkualitas. Ilmu pengetahuan, teknologi, budaya Jepang yang maju, dan biaya kuliah Jepang lebih terjangkau dibandingkan USA, Australia, atau UK. 

Lingkungan Jepang yang aman dan nyaman, makanan yang enak, serta karakter orang Jepang yang sangat santun menjadi daya tarik tersendiri. Namun, belajar di luar negeri bisa menyenangkan sekaligus menegangkan. Ada banyak hal yang harus dilakukan dan diperhatikan agar nantinya tidak melewatkan beberapa hal penting untuk disiapkan.

Agar rencana berkuliah ke Jepang dapat berjalan dengan lancar berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu menjadikan pengalaman belajar di Jepang jauh lebih memuaskan dan berharga.

Siapkan Mental Terbaik 

Persiapkan mental karena realita tak seindah ekspektasi. Hidup di luar negeri artinya rela meninggalkan segala kenyamanan yang didapatkan di Indonesia. Jauh dari segala fasilitas yang ada dan berbaur dengan lingkungan dan budaya yang baru. 

Mampu Berbahasa Jepang 

Negara Jepang begitu mudah menarik perhatian mahasiswa dari seluruh dunia karena predikat sistem pembelajaran terbaik di Asia. Namun,untuk mendaftar sebagai mahasiswa baru di Jepang, calon mahasiswa diwajibkan mengambil terlebih dahulu Kursus Bahasa Jepang sebagai salah satu syarat. Baca Juga: Clubhouse Luncurkan Pengaturan Bahasa Indonesia, juga Persiapkan Pengaturan Bahasa Jawa

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini