Revitalisasi Ekonomi, BRGM Bantu Warga Banyuasin Budidaya Semangka dan Ikan Patin

Revitalisasi Ekonomi, BRGM Bantu Warga Banyuasin Budidaya Semangka dan Ikan Patin Kredit Foto: Ferry Hidayat

Guna mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) melakukan revitalisasi ekonomi di Banyuasin, Sumatera Selatan.

Adapun bantuan ekonomi tersebut yaitu berupa modal untuk budidaya semangka dan juga budidaya ikan patin. 

Siswanto selaku Bendahara Kelompok Masyarakat Semangat Baru di Desa Baru, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin mengatakan, kelompoknya berhasil melakukan panen perdana dari hasil bantuan budidaya ikan patin yang diberikan BRGM. 

"Kami mulai budidaya ikan patin itu sekitar bulan juli 2021 dengan menebar 15.000 bibit, kemudian setelah empat bulan berjalan ini kami sudah berhasil panen perdana dengan hasil 5,5 ton. Hasil panen sendiri dijual ke pengepul dengan harga Rp15.300 per kilogramnya dan untuk eceran dijual Rp17 ribu per kilogramnya,” ujar Siswanto. 

Melihat potensi yang cukup besar, Siswanto berharap Desa Baru ke depannya bisa menjadi lumbung perikanan. 

“Harapan kami, usaha ini dapat berkembang dan budidaya ikan patin ini tidak hanya dibuat sebagai sampingan saja tapi bisa jadi mata pencaharian utama. Karena banyak warga lain yang ingin bergabung, namun karena kuota saat ini kan masih terbatas, makanya kami berharap akan ada pengembangan dan perluasan pokmas,” ungkapnya. 

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini