Ternyata Oh Ternyata... Diabetes Juga Bisa Merujuk pada Masalah Penyakit Kanker Pankreas, Kok Bisa?

Ternyata Oh Ternyata... Diabetes Juga Bisa Merujuk pada Masalah Penyakit Kanker Pankreas, Kok Bisa? Kredit Foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagaimana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Melansir laman WHO (World Health Organization), diabetes adalah penyakit metabolik kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah (atau gula darah), yang dari waktu ke waktu menyebabkan kerusakan serius pada jantung, pembuluh darah, mata, ginjal, dan saraf.

Baca Juga: Nggak Nyangka! Cocok Cegah Diabetes, Ternyata Biji Buah Ini Mampu Menurunkan Lonjakan Gula Darah

Diabetes sangat erat kaitannya dengan pankreas, dan teryata diabetes juga bisa mengidikasikan seseorang berisiko mengidap kanker pankreas. Bagaimana penjelasannya?

Melansir laman Pancreatic Cancer Action Network, Diabetes juga merupakan gejala kanker pankreas. Diperkirakan bahwa kanker pankreas dapat menyebabkan sel-sel dalam tubuh menjadi resisten terhadap insulin yakni hormon utama yang diproduksi oleh pankreas yang membantu mengatur kadar gula darah.

Dalam kondisi resisten insulin lainnya (seperti obesitas), sel-sel penghasil insulin di pankreas membuat lebih banyak insulin untuk mengatasi resistensi insulin.

Tetapi kanker pankreas tampaknya menghentikan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin untuk merespon secara memadai terhadap resistensi insulin ini.

Hal ini menyebabkan perkembangan diabetes. Penting untuk dicatat bahwa meskipun tumor neuroendokrin pankreas (PNETs) muncul dari sel-sel penghasil hormon pankreas, diabetes bukanlah gejala atau faktor risiko untuk PNET.

Baca Juga: Anda Harus Mempertimbangkan Meninggalkan Kebiasaan Ini Agar Terhindar dari Kanker Pankreas

Sangat penting bagi Anda yang mengidap diabetes untuk rutin memeriksakan kondisi Anda sebagai langkah deteksi dini. Lebih cepat Anda tahu tentang risiko yang mungkin Anda alami, semakin baik juga penanganan untuk menghilangkan risikoo tersebut.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini