Bagaimana Ini Pak Anies, Sumur Resapan Tidak Efektif Cegah Banjir

Bagaimana Ini Pak Anies, Sumur Resapan Tidak Efektif Cegah Banjir Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi kembali menyoroti program pembangunan sumur resapan di ibu kota. Dia menilai sumur resapan tidak akan efektif mencegah banjir. 

"Menurut saya, sumur resapan yang didesain untuk memasukan hujan ke dalam tanah, mempercepat surutnya genangan saat hujan besar dan sebagai upaya cadangan air tanah tetap terjaga saat musim kemarau ini tidak efektif sama sekali diterapkan di Jakarta," kata Pras dalam keterangannya, Selasa (30/11/2021). 

Baca Juga: Sttt... Dapat Bocoran dari Ketua Panitia, Ternyata Ini Keterlibatan Jokowi dalam Formula E

Apalagi sumur resapan mengambil badan jalan raya. Pras mengatakan telah melihat langsung proses pembuatan sumur resapan di kawasan Aditiawarman, Jakarta Selatan. Sumur resapan nyatanya merusak dan mengambil badan jalan sehingga menghambat lalu lintas. 

"Jelas sangat merugikan pengguna jalan karena jalanan menjadi bergelombamg, beda tinggi, bahkan beberapa waktu lalu kita semua mendengar kalau ada sumur resapan yang baru dibangun tapi langsung jebol," katanya. 

Karena itu pada rapat badan anggaran (Banggar) beberapa waktu lalu, dia juga menyorori anggaran besar yang direncanakan Pemprov DKI untuk ekspansi pembangunan sumur resapan di Jakarta. Karenanya, anggaran pembangunan sumur resapan untuk tahun 2022 turun drastis. 

"Maka dari itu pada saat rapat Banggar Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI Jakarta tahun 2022 minggu lalu juga saya menekankan kembali efektivitas terhadap sumur resapan tersebut dan berakhir dengan pengurangan dari semula Rp322 milyar berkurang menjadi Rp 120 milyar," katanya.

Baca Juga: Viral! Habib Bahar Dibanjiri Komentar Negatif Usai Beredar Videonya Bersama Perempuan Sedang...

Dia justru berpesan agar Pemprov DKI Jakarta turun langsung melihat efektivitas upaya pengendalian banjir dengan metode membangun sumur resapan. Dia mengingatkan bahwa masalah di Jakarta bukan ada di balik meja. 

"Pesan saya sering-seringlah turun ke lapangan untuk melihat langsung tingkat efektivitas pengendalian banjir di ibukota. Ingat, permasalahan banyak bukan di atas meja tapi di lapangan," ujar politisi PDIP itu.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini