Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Makin Mudah Buat Mitra Bukalapak, Sekarang Ada Fitur BukaSend untuk Jadi Agen Pengiriman Barang

Makin Mudah Buat Mitra Bukalapak, Sekarang Ada Fitur BukaSend untuk Jadi Agen Pengiriman Barang Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mitra Bukalapak dari Bukalapak hari ini memperkenalkan fitur Agen BukaSend di aplikasi Mitra Bukalapak, di mana para pelaku UMKM dapat menjadi agen pengiriman barang untuk sejumlah jasa penyedia logistik di Tanah Air, yaitu SiCepat Ekspres, J&T Express, Lion Parcel, Ninja Xpress, Anteraja, dan Grab tanpa harus mengumpulkan modal, Selasa (30/11).

Sejak diluncurkan di aplikasi Mitra Bukalapak, jumlah Agen BukaSend sudah mencapai lebih dari 12.000 dan tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Fitur agen BukaSend ini juga memberikan solusi bagi para penyedia jasa logistik untuk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan di berbagai pelosok Tanah Air melalui titik-titik penjemputan barang yang disediakan oleh para Mitra Bukalapak.

Baca Juga: OVO Bermitra dengan Pos Indonesia, Bukalapak, dan Lotte Mart, Sediakan Akses Transaksi Digital

President Commerce & Fintech Bukalapak, Victor Lesmana, mengatakan bahwa situasi pandemi telah mendorong perkembangan industri e-commerce sebagai sarana masyarakat Indonesia memenuhi berbagai kebutuhan. Seiring dengan hal tersebut, peran teknologi kian besar dalam membantu para pelaku industri logistik menjawab kebutuhan ini dengan lebih efisien.

"Dengan itu, seiring dengan meningkatnya penetrasi internet di Indonesia dan makin pesatnya pengembangan infrastruktur oleh pemerintah, menyediakan titik-titik pengambilan barang offline dalam jumlah besar telah menjadi salah satu tantangan utama bagi pelaku bisnis logistik Indonesia," ujar Victor.

Victor melanjutkan bahwa tantangan ini disebabkan oleh sulitnya membangun jaringan konektivitas di Indonesia. Meskipun terdapat 270 juta jiwa, Indonesia hanya memiliki 4.800 kantor pos dan kurang dari 30.000 kantor cabang bank dan kurang lebih 100.000 ATM, walaupun terdapat lebih dari 100 bank komersial. Karenanya, menghubungkan seluruh wilayah di Indonesia, baik perkotaan maupun pedesaan, yang berkontribusi terhadap lebih dari 2/3 GDP Indonesia, menjadi sangat sulit.

"Namun, kami menyadari bahwa tantangan ini bisa diselesaikan dengan memanfaatkan warung sebagai titik penghubung," lanjut Victor.

Hal inilah yang lantas mendorong Mitra Bukalapak untuk menambahkan fitur Agen BukaSend di aplikasinya. Setelah bisa menyediakan stok barang dengan lebih efisien serta menambah berbagai layanan lainnya seperti pembayaran tagihan, pengiriman uang, dan penjualan voucher gaming, kini 8.7 juta Mitra Bukalapak, yang terdiri dari warung dan agen individu, dapat menjadi agen pengiriman barang hanya dengan melakukan pendaftaran di aplikasi tersebut.

Victor menuturkan dengan menjadi Agen BukaSend, para Mitra Bukalapak juga membantu menghubungkan para penyedia jasa logistik rekanan BukaSend ke jutaan titik penjemputan barang tanpa harus berinvestasi dalam jumlah besar untuk menyediakan gudang dan multimode transportasi. Di sisi lain, para Mitra Bukalapak yang menjadi Agen BukaSend juga dapat meraih penghasilan tambahan dari layanan ini.

Senior Sales Manager E-Commerce SiCepat, Vonny Rayau, mengatakan, sebagai salah satu perusahaan logistik Tanah Air yang berkomitmen memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia akan pengiriman barang yang cepat dan aman, SiCepat melihat kerja sama dengan BukaSend sebagai perwujudan komitmen tersebut.

"Misi dari Mitra Bukalapak untuk membantu teman-teman UMKM yang tergabung di Mitra Bukalapak melalui fitur agen BukaSend ini juga menjadi nilai tambah bagi kami sebagai mitra rekanan BukaSend," ujar Vonny.

Sementara itu, Manager E-Commerce Relations J&T, Stevan Valentino, mengemukakan bahwa tantangan untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barang yang terus meningkat dikarenakan situasi pandemi yang mendorong aktivitas belanja online dapat dijawab melalui kemitraan dengan BukaSend.

"Dengan perkembangan yang terjadi bersama Mitra Bukalapak, J&T berhasil menghemat biaya pick-up dengan coverage yang lebih luas. Hal penting lainnya adalah pick-up service dari J&T yang makin bisa dioptimalkan melalui kemitraan ini. Pick-up service ini tentunya menjadi solusi bagi para pengguna J&T agar bisa terus melakukan pengiriman barang dengan aman dan nyaman di tengah pandemi,"  ujarnya.

Proses untuk menjadi Agen BukaSend sangat mudah. Cukup download aplikasi Mitra Bukalapak, kemudian pilih menu Agen BukaSend dan isi data pengirim dan penerima, lalu Mitra sudah bisa mengirimkan barang. Agen BukaSend dapat menikmati komisi bersaing, hingga 35% dari total biaya kirim dan beragam promo Cashback dan potongan harga yang menarik.

Pengguna BukaSend juga dapat menikmati berbagai program dan penawaran seperti Sultan BukaSend, Membership Program, Jaminan Pasti Dijemput, Ongkir Gokil, Print Thermal Resi, fitur Kirim Lagi, Laporan Komisi Bulanan, Materi Promosi Agen, dan lain sebagainya.

Informasi lebih lanjut mengenai fitur BukaSend di aplikasi Mitra Bukalapak dapat ditemukan dengan mengunduh aplikasi Mitra Bukalapak di aplikasi Google Playstore.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: