Gaet Pasar E-Commerce di Indonesia, Pos Indonesia Jalin Kerja Sama dengan JD.ID

Gaet Pasar E-Commerce di Indonesia, Pos Indonesia Jalin Kerja Sama dengan JD.ID Kredit Foto: Pos Indonesia

PT Pos Indonesia (Persero) menandatangani nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Jingdong Indonesia Pertama (JD.ID) agar dapat bersaing untuk memberikan  solusi dalam layanan kurir, logistik, dan sistem pembayarannya.

MoU tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), Faizal Rochmad Djoemadi, dan kuasa Direksi JD.ID, Sandi Permadi, dan dihadiri oleh Direktur Bisnis Jaringan Dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia (Persero), Charles Sitorus, dan Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero), Siti Choiriana. Acara tersebut berlangsung pada Rabu, 1 Desember 2021 di Gedung Pos Ibu kota, Jakarta Pusat.

Baca Juga: OVO Bermitra dengan Pos Indonesia, Bukalapak, dan Lotte Mart, Sediakan Akses Transaksi Digital

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), Faizal Rochmad Djoemadi, menyebutkan bahwa kerja sama ini bertujuan untuk turut serta melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, pada khususnya di bidang pelayanan jasa pos dan giro bagi masyarakat. 

Lebih lanjut Faizal Rochmad Djoemadi menyatakan apresiasi atas terciptanya kolaborasi ini. Ia menyebutkan bahwa hal ini selaras dengan 7 transformasi bisnis yang sedang dilakukan oleh Pos Indonesia.

"Kerja sama Pos Indonesia dan JD.ID sejalan dengan transformasi bisnis dan produk yang ada di perusahaan, di mana PT Pos secara kontinyu terus melakukan perubahan, pengembangan, dan adatif terhadap perkembangan teknologi informasi termasuk dalam rangka menggaet pasar e-commerce di Indonesia," ujar Faizal dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (2/12/2021). 

Sebagai informasi, JD.ID merupakan salah satu perusahaan e-commerce terkemuka dan terpercaya di Indonesia yang hadir sejak tahun 2016. Faizal menyebutkan bahwa kolaborasi tersebut lebih dari sekadar E-Commerce Platform (marketplace). Ia mengungkapkan, "JD.ID memiliki kekuatan di bidang bisnis Retail (B2C), di mana kami memiliki assortments, warehouse, dan fulfilment center sendiri untuk dapat melayani customer retail kami dengan harga, kualitas terbaik dan dijamin ori." 

Ia menambahkan bahwa JD.ID juga menyediakan layanan B2B solutions mulai dari pengadaan inventory, jasa warehouse, fulfillment, dan layanan logistik untuk pelanggan-pelanggan korporasi. Dalam hal ini JD.ID juga menjadi e-commerce enabler.

"Strategi O2O (Online to Offline) yang dijalankan oleh JD.ID juga merupakan hal yang membedakan dengan platform lainnya. Melalui pengembangan keberadaan toko offline sampai kepada fitur Nearby Shops yang memungkinkan JD.ID memberikan kemudahan dan fleksibilitas layanan bagi pelanggan baik melalui online maupun offline," imbuh Faizal.

Chief Financial Officer JD.ID, Sandy Permadi turut menyambut baik kerja sama strategis antara JD.ID dengan PT Pos Indonesia (Persero) ini. "Kami senang dan berbangga dapat bersinergi bersama PT Pos Indonesia (Persero) dalam melayani konsumen Indonesia. Melalui kerja sama ini, kami berharap agar para pelanggan dapat menikmati lebih banyak lagi fasilitas yang memudahkan, mulai dari layanan kurir, logistik, serta pembayaran," jelasnya.

Dia melanjutkan, "Kami pun begitu antusias untuk memperkenalkan para pelanggan kami layanan pembayaran terbaru dari PT Pos Indonesia (Persero), PosPay, yang merupakan produk evolusi dari layanan pembayaran Giropos. Dengan PosPay, kami percaya, pengalaman belanja dan bertransaksi di JD.ID akan jadi makin mudah."

Adapun ruang lingkup kerja sama ini adalah kegiatan yang meliputi layanan transaksi keuangan, kurir dan logistik dan layanan lainnya, yakni penyediaan layanan kurir, logistik maupun fulfillment dari Pos Indonesia dan untuk ekosistem bisnis JD.ID; penambahan opsi layanan pembayaran untuk produk dan jasa yang terdapat pada ekosistem bisnis JD.ID melalui layanan PosPay yang dimiliki oleh Pos Indonesia; serta kerja sama lainnya yang dapat disepakati dari waktu ke waktu oleh masing-masing pihak berdasarkan pertimbangan bisnis yang wajar oleh para pihak. 

Terkait fullfilment, Faizal menyebutkan bahwa nantinya JD.ID akan memanfatkan fullfilment yang dimiliki oleh Pos Indonesia.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini