Erupsi Semeru, Kepala BNPB Ngaku Sudah Berkoordinasi dan Meminta Bantuan ke Jenderal Andika

Erupsi Semeru, Kepala BNPB Ngaku Sudah Berkoordinasi dan Meminta Bantuan ke Jenderal Andika Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Suharyanto mengaku sudah berkoordinasi dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, menyusul erupsi Semeru di Jawa Timur, Sabtu (4/12).

Alumnus Akademi Militer (Akmil) 1989 itu mengatakan pihaknya ingin TNI mengirim personel dalam penanggulangan dampak erupsi Semeru.

"Kami sudah berkoordinasi dan meminta bantuan ke Panglima TNI untuk meminta bantuan baik personel dan alat peralatan," kata Suharyanto melalui keterangan persnya.

Dalam penanganan efek erupsi, BNPB diketahui sudah mengerahkan Tim Reaksi Cepat pada Sabtu malam ini.

Tim bergerak ke area terdampak erupsi melalui jalur darat untuk kemudian mendampingi BPBD Kabupaten Lumajang, BPBD Provinsi Jawa Timur, dan unsur Kemenkes demi menanggulangi efek erupsi Semeru.

"Kami sudah mengirimkan tim reaksi cepat," kata Suharyanto.

Menurut alumnus Akademi Militer (Akmil) 1989 itu, Tim Reaksi Cepat membawa logistik seperti selimut, makanan siap saji, terpal, tenda darurat, hingga matras ke area terdampak erupsi.

Suharyanto berharap tim bisa juga membantu penanganan bagi para pengungsi terdampak erupsi Semeru.

Di sisi lain, mantan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) V Brawijaya itu mengimbau masyarakat di lokasi terdampak tetap tenang, waspada, dan terus mengikuti informasi dari pemerintah terhadap erupsi Semeru.

"Jangan termakan isu atau hoaks atau berita yang menyesatkan," seru Suharyanto.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di JPNN Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini