Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tangani Penyebaran Omicron, Indonesia Belajar dari 3 Negara di Dunia

Tangani Penyebaran Omicron, Indonesia Belajar dari 3 Negara di Dunia Kredit Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Varian Covid-19 Omicron dikonfirmasi masuk ke Indonesia. Upaya mencegah penyebaran yang lebih luas pun dilakukan pemerintah. Dalam hal ini, Indonesia belajar penanganan varian Omicron dari tiga negara di dunia, yakni Inggris, Denmark, dan Afrika Selatan.

Diketahui, ketiga negara tersebut tengah menghadapi tantangan Omicron dalam jumlah besar. Pada saat yang sama, karantina dan pembatasan pelaku perjalanan internasional sudah diterapkan. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menyampaikan bahwa Indonesia lebih diuntungkan oleh kondisi geografis jika dibandingkan dengan kondisi di negara-negara Eropa. Hal itu menjadi nilai positif dalam pemberlakuan pembatasan perjalanan. Terlebih lagi, saat ini Indonesia mengimplementasikan kebijakan pencegahan berlapis yang diharapkan berjalan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Baca Juga: Minimalkan Penyebaran Varian Omicron, Indonesia Tingkatkan Skrining Perjalanan Internasional

"Indonesia dengan bentuk negara kepulauan dapat menerapkan kebijakan perjalanan internasional dan karantina dengan lebih mudah," tegas Wiku dilansir pada Senin, 20 Desember 2021.

Bagaimanapun, peningkatan kasus Omicron di Eropa tidak lepas dari dekatnya perbatasan antarnegara dalam satu daratan, tingkat ketergantunagn antarnegara, serta mobilitas penduduk lintas negara.

Jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa, Indonesia sedang berada dalam kondisi kasus yang cenderung terkendali ketika adanya ancaman varian Omicron. Selama lima bulan berturut-turut Indonesia telah mengalami penurunan kasus hingga 99,5% dari puncak kasus kedua. Capaian tersebut berkat kerja keras dan kerja sama semua pihak dalam menaati kebijakan yang ditetapkan pemerintah dalam menangani pandemi. 

"Sejatinya setiap individu warga negara Indonesia ikut bertanggung jawab dengan kondisi kasus Covid-19 di Indonesia. Jadilah contoh, yang baik untuk sesama warga negara Indonesia agar kebijakan yang disusun sedemikian rupa guna mencegah importasi kasus terutama varian Omicron dapat terimplementasi dengan baik," tegasnya lagi.

Baca Juga: Bidik 2 Juta Nasabah, BCA Digital Segera Luncurkan Fitur Pinjaman untuk Segmen Ritel

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: