Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Komitmen Astragraphia Bina Sentra Susu Swadaya Pondok Ranggon

Komitmen Astragraphia Bina Sentra Susu Swadaya Pondok Ranggon Kredit Foto: Astragraphia
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) mewujudkan semangat kolaborasi dan keberlanjutan dalam mengimplementasikan kegiatan kontribusi sosial perusahaan melalui empat pilar, yaitu pilar kesehatan, pilar pendidikan, pilar lingkungan, serta pilar kewirausahaan. Pilar kewirausahaan menjadi pilar kontribusi sosial perusahaan terbaru yang lahir di tahun 2020, memasuki tahun kedua pengimplementasiannya, Astragraphia meningkatkan manfaat dan memberikan nilai tambah kepada pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Secara konsisten, Astragraphia menyelenggarakan pelatihan bernama Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif (Kelas ASIK), serta pemenuhan kebutuhan pelaku UMK terhadap aktivitas promosi, pemasaran, juga pencetakan kemasan/label kreatif.

Baca Juga: Bantu Digitalisasi Bisnis dan Alur Kerja, ASTRAGRAPHIA Luncurkan FUJIFILM Business Innovation

Melinda Pudjo, Chief of Corporate Secretary, Legal, and Corporate Communications PT Astra Graphia Tbk mengatakan, “Tahun ini Astragraphia bersinergi bersama Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Kementerian Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta untuk membina UMK Sentra Susu Swadaya di Pondok Ranggon.

Selain memberikan pelatihan, konsultasi, dan pencetakan label kemasan, Astragraphia juga berkomitmen untuk memfasilitasi kebutuhan sarana prasarana dan pemasaran mereka, baik online maupun offline. Kami menyadari bahwa kami perlu menggandeng berbagai pihak untuk bergerak bersama demi menebarkan manfaat yang menyeluruh kepada UMK. Kami harap komitmen ini dapat kami implementasikan secara berkelanjutan hingga Sentra Susu Swadaya Pondok Ranggon menjadi UMK yang lebih mandiri dan siap untuk bersaing di pasar.”

Selama tahun 2021, Astragraphia menyelenggarakan Kelas ASIK berkolaborasi dengan berbagai instansi pemerintahan maupun swasta, seperti Kementerian Pertanian, Otoritas Jasa Keuangan Jawa Tengah, Business & Export Development Organization, dan Inaproduct. Tahun ini, Astragraphia telah menjangkau 446 UMK yang bergerak di bidang industri kreatif seperti fesyen, kuliner, dan kriya. Beberapa dari peserta Kelas ASIK yang fokus dalam subsektor kuliner, menjual produk pengolahan hasil peternakan, seperti susu pasteurisasi.

drh. Boethdy Angkasa, Koordinator Substansi Pengolahan Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Ditjen PKH Kementerian Pertanian Republik Indonesia mengataka UMK pengolahan hasil peternakan dalam negeri, dalam hal ini susu pasteurisasi, memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi pemenang di pasar lokal, karena  tahu produk mereka berkualitas dan mampu bersaing.

"Kami terus memantau dan mendukung mereka melalui berbagai program pendampingan yang telah kami tetapkan, khususnya dalam pemenuhan standar keamanan dan mutu pangan, agar produk yang dihasilkan dapat diedarkan lebih luas sehingga usaha mereka semakin maju. Namun hingga saat ini kami juga melihat bahwa tampilan kemasan produk menjadi tantangan tersendiri yang perlu mereka kembangkan. Kami sadar bahwa tampilan kemasan akan menjadi kesan pertama bagi calon pembeli, dan kami yakin kemasan yang menarikkan berdampak terhadap peningkatan penjualan produk UMK."

"Oleh karena itu, kami mengapresiasi angkah Astragraphia yang telah memberikan edukasi mengenai teknologi digital printing kepada UMK potensial yang kami rekomendasikan, yaitu Sentra Susu Swadaya Pondok Ranggon. Kami yakin Kelas ASIK dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi mereka untuk melakukan inovasi  kemasan, dengan tetap memperhatikan kaidah keamanan pangan dan regulasi terkait label pangan, sehingga dapat menjadi tambahan modal mereka untuk menjadi UMK yang naik kelas.”

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: