Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Angkat Tema Transformasi Digital, UI Sematkan Gelar Doktor Ilmu Manajemen

Angkat Tema Transformasi Digital, UI Sematkan Gelar Doktor Ilmu Manajemen Kredit Foto: PPIM FEB UI
Warta Ekonomi, Jakarta -

Program Pascasarjana Ilmu manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universita Indonesia mengukuhkan gelar doktor yang ke-297 untuk Dr. Chandra Dwipayana, Senin (27/12). Acara yang dilaksanakan secara hybrid tersebut dipimpin oleh Prof. Dr. Nachrowi Djalal Nachrowi selaku Ketua Sidang.

Pada kesempatan ini, Ruslan Prijadi, Ph.D. bertindak sebagai Promotor dan Dr. Mohammad Hamsal berlaku sebagai Ko Promotor. Sementara, Tim Penguji yang diketuai oleh Sari Wahyuni, Ph.D. terdiri dari Prof. Wimboh Santoso, Ph.D., Budi W. Soetjipto, DBA., Cyrilus Harinowo, Ph.D., dan Dr. Rizal Edy Halim.

Baca Juga: KSPM FEB UI Helat National Investor Summit, Usung Tema Kunci Sukses Investasi dan Financial Planning

Pada sidang yang dilakukan secara terbuka ini, Dr. Chandra Dwipayana berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Reinventing the Dynamics of Dominant Logic: An Empirical Investigation on the Indonesian Commercial Banks". Penelitian yang mengulas topik transformasi digital di sektor perbankan Indonesia ini memberikan landasan empiris peran dynamic dominant logic dalam memupuk eksploitasi dan eksplorasi untuk mendukung transformasi digital melalui lensa dynamic ambidexterity.

Selain itu, sebagai kontribusi praktis, penelitian ini menegaskan bahwa pola tindakan teknis yang berkaitan dengan kapabilitas operasional bank selaku petahana tidak cukup untuk memenuhi permintaan pasar dan persaingan yang ada saat ini seiring dengan kemunculan fintech dan super-apps sebagai inovator dan penantang di sektor perbankan.

Dr. Chandra Dwipayana mengungkapkan bahwa manajemen puncak memiliki peran penting dalam menyediakan solusi yang lebih cepat dan tepat berdasarkan pengenalan pola untuk memecahkan masalah kompleks selama era transformasi digital.

"Tanpa dynamic dominant logic, perusahaan tidak dapat mempertahankan kebugaran dinamisnya karena kurangnya konseptualisasi bisnis dan keputusan tepat atas alokasi sumber daya yang krtitikal," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (28/12/2021).

Sebagai rangkaian untuk melengkapi studi doktoral yang ditempuh, Dr. Chandra Dwipayana telah memublikasikan penelitian ilmiahnya yang berjudul "Bifurcating the Dynamic Dominant Logic: Technical and Evolutionary Pattern of Action" pada jurnal Management Decision yang merupakan salah satu jurnal internasional terbaik (Q1) di bidang bisnis, manajemen, dan akuntansi.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan