Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Baru The Real Sultan! Dua Hartono Sah Jadi Pemilik Ranch Market Lewat Blibli

Ini Baru The Real Sultan! Dua Hartono Sah Jadi Pemilik Ranch Market Lewat Blibli Kredit Foto: Website Blibli
Warta Ekonomi, Jakarta -

Grup Djarum yang dimiliki duo Hartono melalui PT Global Digital Niaga (Blibli) telah sah menjadi pemilik Ranch Market yang merupakan gerai supermarket milik PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC). Hal ini terjadi perusahaan menyelesaikan kewajiban pelaksanaan Penawaran Tender Wajib (PTW) atas saham-saham RANC dengan melakukan transaksi pembelian dari para pemegang saham yang berpartisipasi dalam PTW.

Nilai pembelian seluruhnya adalah Rp780.2 miliar dengan jumlah saham yang ditransaksikan sebesar 305.964.600 saham atau 19,56% dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh dalam RANC.

Pelaksanaan PTW merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Blibli setelah melakukan pengambilalihan atas RANC pada tanggal 30 September 2021 lalu dengan membeli 51% saham RANC. 

Baca Juga: Genjot Konsumsi Rumah Tangga, Blibli Gelar Festival Akhir Tahun

Dalam keterangan resmi, pihak Bblibli meyakono pengambilalihan tersebut akan semakin memperkuat posisi perusahaan sebagai e-commerce di Indonesia dan merupakan upaya untuk pengembangan usaha dengan terus memperluas ekosistem bisnis dan memberikan solusi yang komprehensif bagi para pelanggan, mitra sellers dan brand partners.

“Strategi bisnis ini diharapkan mendorong pertumbuhan pendapatan serta skala bisnis Blibli secara sehat. Dimana kegiatan usaha RANC dapat memperkaya portofolio produk, sekaligus memperkuat solusi omnichannel Blibli dalam mengembangkan pilihan layanan pemenuhan kebutuhan sehari-hari melalui pengalaman ritel yang lengkap, seamless dan terintegrasi secara online maupun offline kepada pelanggan,” kata Manajemen.

Baca Juga: Terapkan Teknologi Terdepan, Blibli Sabet Tiga Penghargaan

Lebih lanjut, pengembangan layanan secara omnichannel ini nantinya turut melibatkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang merupakan bagian dari pemasok RANC melalui ekosistem teknologi Blibli sehingga para pelaku UMKM juga dapat memiliki kesempatan memperluas distribusi produknya ke seluruh Indonesia.

Blibli yakin dengan reputasi, kinerja dan potensi RANC yang positif, semakin memantapkan peluang dalam membesarkan pangsa pasar yang akhirnya memacu pertumbuhan bisnis kedua pihak.  Dengan dilakukannya transaksi tersebut, kepemilikan Blibli atas RANC meningkat yang  semula adalah 51% menjadi 70,56%.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: