Dahsyat! Jerusalem Post Kuak Agenda Pertanian Prabowo yang Bicara Normalisasi dengan Israel

Dahsyat! Jerusalem Post Kuak Agenda Pertanian Prabowo yang Bicara Normalisasi dengan Israel Kredit Foto: Twitter/Kemhan RI

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memimpin delegasi untuk membahas kerja sama pertanain yang telah memainkan peran besar dalam pemanasan hubungan baru-baru ini antara Israel dan Indonesia.

The Jerusalem Post menulis terkait, serangkaian pertemuan, pernyataan, dan laporan baru-baru ini dalam beberapa bulan terakhir tahun 2021 menunjukkan bahwa Israel dan Indonesia semakin dekat.

Baca Juga: Nongol di Surat Kabar The Jerusalem Post, Prabowo Disebut Cari Sokongan Yahudi untuk Nyapres di 2024

Kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik formal, tetapi mereka bekerja sama dalam perdagangan dan pariwisata, dan Kementerian Luar Negeri memiliki halaman Facebook dalam bahasa Indonesia.

Pada 1970-an dan 1980-an, Indonesia membeli senjata dari Israel, dan tentara Indonesia telah dilatih di negara Yahudi. Pada tahun 1993, perdana menteri saat itu Yitzhak Rabin bertemu dengan presiden Indonesia saat itu, Suharto di Jakarta. Pada 2016, wakil menteri luar negeri saat itu Tzipi Hotovely mengatakan Israel terus-menerus berhubungan dengan negara multi-pulau Oseania dan berharap dapat menjalin hubungan resmi.

Jakarta sedang dalam pembicaraan dengan pemerintahan Trump pada Desember 2020 untuk menormalkan hubungan dengan Yerusalem, dan Perusahaan Keuangan Pembangunan Internasional AS menawarkan untuk menggandakan investasinya di Indonesia, tetapi tidak berhasil.

Prabowo bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional Eyal Hulata pada sebuah konferensi di Manama November lalu, dan dia terlihat berbicara dengan kuasa usaha Israel di Bahrain, Itay Tagner, pada acara yang sama. Setelah foto itu diterbitkan, Prabowo mengeluarkan pernyataan, mengatakan bahwa tidak dilarang baginya untuk berbicara dengan pejabat Israel ketika itu untuk kepentingan nasional.

Baru-baru ini, seorang pejabat diplomatik senior mengkonfirmasi bahwa Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah mengangkat topik tersebut dengan rekannya di Jakarta bulan lalu, dan Yerusalem telah diberitahu sebelumnya.

"Prosesnya panjang. Ada satu pertemuan dan kemudian yang lain dan pesawat tanpa tanda dan semua hal sinematik yang menyertainya dan kemudian, suatu hari, itu terjadi," kata pejabat itu.

Beberapa dari pertemuan rahasia itu datang dari sumber yang tidak terduga: kerjasama pertanian.

Oktober lalu, Prabowo mengumumkan ia berencana mencalonkan diri sebagai presiden Indonesia pada 2024. Seperti banyak pemimpin negara Arab dan Muslim lainnya yang mengincar hubungan dengan Israel, Prabowo memandang Yerusalem sebagai perhentian dalam perjalanan menuju hubungan yang lebih baik dengan Washington. kata soal itu.

Tetapi calon presiden sudah bekerja sama dengan Yerusalem selama bulan-bulan sebelumnya di bidang pertanian dan ketahanan pangan.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini