Tips Meningkatkan Kualitas Finansial di Tahun 2022

Tips Meningkatkan Kualitas Finansial di Tahun 2022 Kredit Foto: Binomo

5 Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Tahun 2022: salah satunya ialah menjadi trader yang andal dengan memilih untuk berdagang di salah satu platform trading online terbesar dan inovatif, Binomo.

Moment tahun baru sangat identik dengan harapan dan rencana baru. Biasanya, dituangkan dalam bentuk resolusi yang memotivasi Anda lebih baik di tahun 2022 ini. Tidak hanya soal karier dan kehidupan pribadi, resolusi juga sangat pas jika Anda buat dengan tujuan ingin punya kualitas finansial alias keuangan yang lebih baik. Memang bukan hal yang mudah, tapi ini bisa jadi langkah besar untuk Anda memperbaiki keuangan dan berikutnya kehidupan.

Baca Juga: Mark Cuban Blak-blakan Ungkap 80 Persen Investasinya Ada dalam Kripto!

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kualitas finansial di tahun ini.

1. Financial Literacy (melek finansial)

Financial literacy bisa diartikan sebagai kemampuan untuk memahami dan menerapkan berbagai keterampilan keuangan, seperti manajemen tabungan pribadi, membuat penganggaran, dan investasi. Hal ini melibatkan pengetahuan yang kuat mengenai prinsip dan konsep-konsep keuangan mulai dari paling dasar. Kemampuan inilah yang sangat penting untuk Anda miliki dalam memulai mengurus keuangan. Paling penting adalah Anda lebih bisa mengontrol masuk dan keluarnya dana yang dimiliki, serta menumbuhkan kesadaran Anda untuk menentukan keputusan keuangan yang cerdas.

Anda bisa mulai dengan membuat prioritas keuangan, mengurangi sifat konsumtif, memilah keuangan sesuai kebutuhan, mencari tambahan penghasilan.

2. Saving (menabung)

Menabung, mungkin adalah hal yang sering disarankan saat Anda ingin mulai menata keuangan. Faktanya, menabung memang masih jadi salah satu cara yang efektif. Terutama bagi Anda yang sedang fokus mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Saving atau menabung adalah menyisihkan sebagian dari dana yang Anda miliki. Secara tidak langsung, ini jadi upaya Anda untuk bisa memenuhi kebutuhan masa depan yang terencana maupun yang tidak terencana. Tantangannya yaitu dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi.

Bagi Anda yang terbiasa menabung mungkin ini tidaklah sulit, hanya perlu konsistensi dan peningkatan jumlah dan tujuan. Namun, untuk Anda yang baru memulai menabung, ada baiknya mulai dengan menentukan nominal tertentu untuk disisihkan tiap bulannya dari sisa anggaran kebutuhan tiap bulan. Jika perlu Anda bisa mengubah gaya hidup dari sekarang agar bisa punya tabungan.

3. Mencoba berbagai Financial Instrument

Menurut laman Investopedia, pengertian instrumen keuangan adalah aset keuangan yang dapat berbentuk berkas surat berharga yang diperdagangkan. Ada dua jenis instrumen keuangan, yaitu instrumen tunai dan instrumen derivatif. Contoh instrumen keuangan tunai adalah sertifikat deposito, faktur utang-piutang, deposito, dll. Sementara, derivatif adalah instrumen yang nilainya diperoleh dari entitas yang mendasarinya. Aset dasar yang paling umum dijumpai untuk derivatif adalah saham, obligasi, komoditas, mata uang, suku bunga, dan indeks pasar.

Nah, makin banyak dan beragam instrumen keuangan yang Anda miliki, makin besar juga peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Inilah tujuan kenapa Anda perlu mencoba berbagai macam instrumen keuangan. Bahkan, beberapa instrumen ini dijual-belikan di pasar modal Indonesia, seperti saham, obligasi, dan reksa dana.

4. Membuat Financial Planning (perencanaan keuangan) dengan baik.

Dengan Financial Planning, Anda sebenarnya membuat sebuah konsep perencanaan keuangan untuk mencapai tujuan financial yang ingin dituju. Anda juga harus menentukan jangka waktu berapa lama Anda ingin mencapai tujuan utama. Buatlah juga action plan yang jelas agar bisa membuat jalan yang terencana untuk bisa mencapai tujuan finansial secara tepat waktu.

Langkah awal, Anda bisa lakukan dengan mencatat semua aset dan kewajiban terlebih dahulu, lalu hitung kekayaan bersih Anda, berikutnya teliti arus keuangan, serta mulai tentukan target finansial Anda. Dari sini Anda akan tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan target tersebut.

Namun, jika menabung belum bisa menjadi solusi. Mungkin Anda harus mengambil langkah untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara yang lain. Ini karena Anda akan memperoleh kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui salah satu platform trading online yang terbesar sehingga anda akan berkesempatan untuk menjadi trader yang andal.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini