Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tokopedia Genjot Transaksi UMKM Jabar Lebih dari Dua Kali Lipat Selama 2021

Tokopedia Genjot Transaksi UMKM Jabar Lebih dari Dua Kali Lipat Selama 2021 Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Inisiatif Hyperlocal yang digencarkan Tokopedia membawa sederet dampak positif di berbagai daerah, termasuk Jawa Barat. Transaksi UMKM Jawa Barat di Tokopedia meningkat hampir 2x lipat selama 2021 dibandingkan 2020.

"Kategori Makanan dan Minuman, Kesehatan dan Perawatan Diri, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, Kecantikan, hingga Rumah Tangga mengalami peningkatan transaksi paling tinggi di Jawa Barat selama 2021," kata Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, kepada wartawan secara daring, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga: Tokopedia Dinobatkan Sebagai Marketplace Paling Memuaskan Pelanggan Versi Jakpat

Trian menyebutkan, program turunan inisiatif Hyperlocal seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Digitalisasi Pasar, Sekolah Kilat Seller, Tokopedia Nyam, dan masih banyak lainnya, merupakan upaya Tokopedia untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.

“UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia, termasuk Brookies dan Nokha, bisa punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh. Jadi, tidak perlu pindah ke ibu kota untuk menjadi juara," ungkapnya.

Adapun owner Brookies, Artisan Soft Cookies dengan Ragam Rasa Unik Buatan Milenial Jabar, Salsa Wigati mengungkapkan, meski harus tertunda bekerja di luar negeri karena pandemi, ia memulai bisnis brownies dan cookies yang diberi nama Brookies pada awal Maret 2020. Kondisi pandemi justru menjadi jalan bagi Salsa untuk menciptakan peluang lewat teknologi.

"Sejak bergabung dengan Tokopedia pada Juli 2020, omzet Brookies bisa mencapai hingga Rp20 juta setiap bulannya. Pelanggan pun meluas hingga Aceh, Riau, dan Kalimantan," katanya.

Salsa pun terus berinovasi dengan memproduksi varian rasa baru, seperti klepon cookies, goguma cookies, cookie monster, rose cookies, Cinnamon cookies dengan topping biskuit atau cookies dengan tema hari raya Idulfitri dan Natal. Salsa juga rajin memanfaatkan fitur flash sale dan mengikuti kampanye Tokopedia Nyam.

"Dari kampanye tersebut, Brookies bahkan bisa menerima pesanan hingga 70 paket cookies dalam waktu 1 jam," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, contoh UMKM Jabar lainnya ialah Nokha yang memberdayakan perempuan hingga difabel menciptakan sepatu lokal. Owner Nokha, Nopi Herlina Hadzic, mengatakan bahwa pihaknya terus beradaptasi lewat teknologi di masa pandemi. Didirikan sejak 2012, Nokha menawarkan beragam produk fesyen lokal mulai dari sepatu, jaket, kaos, dan aksesoris lainnya dengan beragam warna.

Bermodal awal dari uang saku kuliah dan sempat mengalami banyak kesulitan mulai dari alami penipuan dan barang dagangan dibawa kabur, Nopi terus bangkit untuk tetap mempertahankan usahanya.

"Nokha rutin mengikuti kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal. Transaksi penjualannya meningkat hingga 3x lipat. Nokha pernah memproduksi 800 pesanan dalam waktu 2 hari ketika mengikuti kampanye #BersebelasMelangkahBareng Tokopedia," tambah Nopi.

Melalui Nokha, kini Nopi mampu mempekerjakan lebih dari 150 karyawan yang hampir 80%-nya adalah ibu rumah tangga hingga rekan difabel. Nopi pun berbagi kiat sukses dalam menjalankan usaha.

"Jangan takut gagal dan harus selalu ikuti perkembangan zaman," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: