Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

KYBPROJECT Ungkap Inovasi Formula Material dari Limbah Puntung Rokok

KYBPROJECT Ungkap Inovasi Formula Material dari Limbah Puntung Rokok Kredit Foto: Djati Waluyo
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Ide Dua Cipta mengawali tahun ini dengan perayaan 11 tahun berdirinya perusahaan melalui acara ONXFEST 2022 yang mengajak lebih banyak publik, komunitas, dan penggiat kreatif berkontribusi dalam mengelola limbah konsumsi harian melalui gerakan KYBPROJECT. 

Acara multi experience yang diadakan selama tanggal 22 dan 23 Januari 2022 di Ruang Seketika ini diramaikan dengan rangkaian sesi berbagi pengalaman kreatif terkait pengembangan produk juga desain yang berbasis keberlanjutan. 

Sebagaimana diketahui, KYBPROJECT adalah sebuah gerakan yang mendorong pelaku kreatif Indonesia membuat bahan baku terbarukan dari limbah konsumsi harian, salah satunya puntung rokok.

Baca Juga: Berawal dari Keisengan, Pemuda Ini Ubah Puntung Rokok Jadi Barang Bernilai Ekonomis 

Di acara ini, peserta juga diajak mengenali salah satu formula material KYBPROJECT yang terbuat dari puntung rokok, yaitu Lightweight Concrete Multipur^^^^pose. Untuk membuat sebuah produk Multipur^^^^pose, KYBPROJECT mengolah hingga 120 gram puntung rokok atau setara dengan 1200 buah puntung rokok. 

"Harapannya formula yang cukup sederhana ini berpotensi dimanfaatkan dalam pengelolaan limbah puntung rumahan," Ujar Direktur Utama PT Ide Dua Cipta Rony Rahadian, Sabtu (22/1/2022).

Rony mengatakan eksplorasi formula ini berawal dari keisengan anak-anak studio ketika melihat masalah sampah puntung di sekitar kantor. 

Dari keisengan tersebut ditemukan ada banyak potensi kreatif dari pengolahan sebuah puntung rokok. Salah satunya adalah lightweight concrete (beton ringan) yang akhirnya mendorong tim mendalami riset dan pengembangan pengolahan puntung menjadi material signature yang bisa diaplikasikan untuk ragam kebutuhan desain produk.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan