Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Aksi Menggetarkan Amerika di Depan Mata Rusia, Ukraina Ketiban Durian Runtuh

Aksi Menggetarkan Amerika di Depan Mata Rusia, Ukraina Ketiban Durian Runtuh Kredit Foto: Reuters/Anna Kudriavtseva
Warta Ekonomi, Washington -

Sebuah pesawat Amerika Serikat yang membawa rudal-rudal antitank jenis Javelin, peluncur, dan berbagai peralatan militer lainnya mendarat di ibu kota Ukraina, Kiev, pada Selasa (25/1/2022).

Kedatangan pesawat tersebut merupakan pengiriman ketiga dari paket peralatan keamanan senilai 200 juta dolar AS (sekitar Rp 2,8 triliun) untuk menopang pertahanan Ukraina, yang sedang bersiap-siap menghadapi kemungkinan serangan militer oleh Rusia.

Baca Juga: Keputusan Bulat, Ada 100.000 Tentara Rusia Bersiaga di Pangkalan Perbatasan Ukraina

"(Rudal-rudal) Javelin sudah tiba di Kiev! Kargo baru yang membawa bantuan keamanan --peluncur dan rudal-- dengan berat total sekitar 80 ton. Kami memperkirakan pengiriman keempat oleh burung-burung besi itu akan segera tiba," kata Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov melalui Twitter.

"Terima kasih kepada mitra strategis kami," kata Reznikov.

AS merupakan pendukung paling kuat bagi Ukraina dalam menjalankan upaya untuk mencegah serangan baru oleh Rusia, yang telah mengerahkan pasukannya dalam jumlah besar ke perbatasan dengan Ukraina. Moskow membantah punya rencana melakukan serangan.

AS telah menjanjikan Ukraina bantuan keamanan senilai lebih dari 650 juta dolar (sekitar Rp 9,3 triliun) tahun lalu dan total lebih dari 2,7 miliar dolar (sekitar Rp 38,7 triliun) sejak 2014, yaitu tahun ketika Rusia mencaplok Semenanjung Krimea di Ukraina.

Baca Juga: Volume Transaksi LCSĀ Bank MandiriĀ Naik 112,3% Per November 2022

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: