Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pecahkan Rekor, Elon Musk dan SpaceX Berencana Meluncur Tiap Minggu di Tahun 2022

Pecahkan Rekor, Elon Musk dan SpaceX Berencana Meluncur Tiap Minggu di Tahun 2022 Kredit Foto: Antara/REUTERS/Hannibal Hanschke
Warta Ekonomi, Jakarta -

Orang terkaya dunia, Elon Musk bersama perusahaan kedirgantaraannya, SpaceX berhasil memecahkan rekor peluncuran orbital tahunannya sendiri tahun lalu. Kini mereka pun berusaha untuk meningkatkan kecepatan lebih lanjut pada tahun 2022 untuk meluncur satu kali setiap minggu.

Selama pertemuan komite pengawasan badan utama NASA pada hari Kamis, anggota panel Sandra Magnus mengungkapkan bahwa perusahaan swasta tersebut menargetkan manifes peluncuran 52 yang ambisius untuk tahun 2022.

Baca Juga: Elon Musk Umumkan Hal Penting: Robot Jadi Prioritas Pembuatan Tesla Tahun Ini

“Itu kecepatan yang luar biasa,” ujar Magnus, seorang astronot dan mantan direktur eksekutif American Institute of Aeronautics and Astronautics, mengatakan selama pertemuan Panel Penasihat Keselamatan Aerospace NASA (ASAP).

Melansir CNBC International di Jakarta, Jumat (28/1/22) SpaceX berhasil menyelesaikan 31 peluncuran pada tahun 2021, mengalahkan rekor sebelumnya yaitu 26 peluncuran pada tahun 2020.

Secara konteks, SpaceX mewakili sekitar seperlima dari peluncuran roket orbital yang sukses di dunia tahun lalu dengan perusahaan secara kasar mengimbangi China.

Perusahaan sudah pada kecepatan rata-rata mingguan untuk memulai tahun ini, dengan tiga peluncuran Falcon 9 yang sukses sejauh ini dan dua lagi diharapkan sebelum akhir bulan. Selain peluncuran Falcon 9, SpaceX juga memiliki beberapa roket Falcon Heavy yang dijadwalkan lepas landas pada 2022.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan