Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Catat! Jokowi Minta Masyarakat yang Terjangkit Omicron Tanpa Gejala untuk...

Catat! Jokowi Minta Masyarakat yang Terjangkit Omicron Tanpa Gejala untuk... Kredit Foto: Antara/Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan saat ini jumlah kasus Positif COVID-19 di Tanah Air kembali mengalami lonjakan. Dia perkirakan kasus COVID-19 akan terus meningkat tajam dalam beberapa pekan ke depan.

Jokowi meminta masyarakat agar tak panik berlebihan terkait kondisi saat ini. Dia juga meminta bagi masyarakat yang memiliki hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) positif tanpa gejala agar segera melakukan isolasi mandiri.

Baca Juga: PDIP Gadang-Gadang Ahok Jadi Kepala Otorita IKN, Langsung Disambar Said Didu: Makin Jelas...

"Ketika hasil tes PCR saudara positif tanpa ada gejala, silakan melakukan isolasi mandiri di rumah selama 5 hari. Bila ada gejala batuk pilek atau gejala demam silakan gunakan layanan telemedicine atau ke puskesmas atau ke dokter terdekat," kata Jokowi, Jumat 28 Januari 2022

Jokowi mengatakan pasien yang terinfeksi COVID-19 varian Omicron umumnya tidak menunjukkan gejala yang membahayakan. Maka itu, cukup dengan melakukan isolasi mandiri di rumah agar dapat sembuh dari infeksi COVID-19. Dengan demikian, hal itu bisa membantu mengurangi beban rumah sakit.

Menurutnya, kondisi saat ini agar bisa lebih fokus menangani pasien dengan gejala berat atau pasien penyakit lain yang perlu pertolongan pelayanan di rumah sakit.

"Dengan demikian beban fasilitas kesehatan dari puskesmas sampai rumah sakit bisa berkurang. Ini penting agar fasilitas kesehatan kita dapat lebih fokus menangani pasien dengan gejala berat maupun pasien-pasien penyakit lain yang membutuhkan layanan intensif," jelas Jokowi.

Pun, dia mengingatkan lagi agar masyarakat untuk tetap waspada jangan sampai tertular COVID-19. Jokowi mengatakan masyarakat agar jangan bosan menerapkan protokol kesehatan atau prokes demi menghindari penularan COVID-19.

Baca Juga: Stt.. Diungkap Hasto PDIP, Terkait Sosok Yang Pimpin IKN Nusantara Jokowi Telah...

"Terakhir saya minta bapak ibu saudara sekalian tetap tenang, tidak panik, laksanakan selalu protokol kesehatan. Kurangi aktivitas yang tidak perlu," lanjut eks Gubernur DKI Jakarta itu.

"Saya mengajak saudara-saudara sekalian menjaga kesehatan diri masing-masing sebaik-baiknya untuk meningkatkan imunitas," ujar Jokowi.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan