Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

PDIP Gadang-Gadang Ahok Jadi Kepala Otorita IKN, Langsung Disambar Said Didu: Makin Jelas...

PDIP Gadang-Gadang Ahok Jadi Kepala Otorita IKN, Langsung Disambar Said Didu: Makin Jelas... Kredit Foto: Twitter/Said Didu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mantan Sekretaris Menteri BUMN, Muhammad Said Didu merespons PDIP yang mencetuskan nama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) cocok untuk pimpin Ibu Kota Negara (Nusantara).

Ia berkata, sikap PDIP tersebut semakin menegaskan arah dan tujuan pindahnya Ibu Kota tersebut.

Baca Juga: Giliran Jusuf Kalla Tanggapi Pro Kontra Pemindahan Ibu Kota, Ia Bilang Semestinya...

"Makin jelas arah dan tujuan pemindahan Ibu Kota," kata Said Didu melalui akun Twitter pribadinya pada Jumat, 28 Januari 2022.

Bersama pernyataannya, ia membagikan berita berjudul "Sekjen PDIP: Ahok Penuhi Syarat Jadi Kepala Otorita IKN".

Melansir Suara.com, Hasyo Kristiyanto, yang menjabat sebagai Sekertaris Jenderal PDIP, bilang kalau Ahok telah penuhi kriteria untuk menjadi kepala Otorita IKN.

"Siapa yang akan diputuskan itu kami serahkan kepada Presiden Jokowi, hanya saja PDIP punya nama nama calon yang memenuhi syarat untuk itu, termasuk Pak Basuki Tjahaja Purnama," kata Hasto, Kamis (27/1/2022).

Bagi Hasto, Ahok telag memiliki pengalaman kepemimpinan yang baik kala menjabat Wakil Gubernur dan Gubernur di Jakarta.

Lebih lanjut, Hasto menyebut bahwa pengajuan Ahok sebagai calon kepala Otorita IKN di Kalimantan ini disampaikan dalam dialog antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Itu kami serahkan sepenuhnya kepada Presiden, hanya saja ketika partai diminta kami punya nama-nama yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Bapak Presiden," ungkapnya.

Hasto mengatakan bahwa untuk mengelola IKN di Kalimantan, diperlukan pemimpin yang berani, visioner, dan memahami kultur kebudayaan bangsa.

Baca Juga: Giliran Novel Bamukmin Bela Edy Mulyadi, Oligarki Sampai Disinggung-Singgung

Selain itu, ia menilai Kepala Otoritas perlu memiliki tata kelola dan tata kota yang baik serta memiliki orientasi terhadap gambaran tentang posisi Indonesia di kepemimpinan antar-bangsa.

Tak hanya itu, menurutnya, kepala otorita IKN juga perlu memiliki perencanaan yang memadukan antara gambaran "smart city" sebagai identitas yang mau dibangun di ibu kota negara, tetapi juga melekat dengan aspek kultural untuk mencerminkan bagaimana kebudayaan dari bangsa Indonesia.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan