Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

16.700 Peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Dilepas, Nadiem Beri Pesan Ini ke Mahasiswa

16.700 Peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Dilepas, Nadiem Beri Pesan Ini ke Mahasiswa Kredit Foto: Instagram/Nadiem Makarim
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim melepas sebanyak 16.700 mahasiswa terpilih mengikuti program Kampus Mengajar Angkatan 3, pada hari ini Rabu (23/2/2022). Mereka akan menjadi tenaga pengajar bantuan di SD dan SMP seluruh provinsi di Indonesia. 

Selain itu, terdapat 4.000 dosen pembimbing lapangan yang akan mendampingi mahasiswa. Tugas dosen pembimbing ini untuk membangun komunikasi antara mahasiswa, satuan pendidikan, guru, pemerintah daerah, serta pemerintah pusat. 

Baca Juga: Sukseskan Kampus Merdeka, Pemerintah Terus Dorong Kolaborasi Pendidikan antara Jepang dan Indonesia

Nadiem berpesan untu para mahasiswa  yang terpilih mengikuti program Kampus Mengajar Angkatan 3 untuk keluar dari zona nyaman. Menurutnya, banyak tantangan di luar kampus yang harus dihadapi oleh para mahasiswa. 

"Yang berarti kalian keluar dari zona nyaman kalian. Yang namanya keluar dari zona nyaman itu pasti banyak sekali hal-hal yang baru, tantangan yang belum pernah ketemu, permasalahannya yang harus ditangani," kata Nadiem dalam Pelepasan Penugasan Kampus Mengajar 3 secara virtual, Rabu (23/2/2022). 

Nadiem meminta para mahasiswa terus belajar dan menantang diri di lingkungan baru. Ia menilai sosok pemimpin masa depan tidak hanya sosok yang pintar secara akademis. Namun juga harus terbuka untuk belajar dan terus menantang diri di luar kampus. 

"Calon pemimpin masa depan bukan cuma pintar. Yang IPK-nya tinggi  tapi yang mau terus terbuka dan belajar dan menantang dirinya," ujar Nadiem. 

Kampus Mengajar adalah bagian dari program MBKM yang bertujuan membantu peningkatan kualitas pembelajaran di pendidikan dasar. 

Baca Juga: Nadiem Makarim Sebut Revitalisasi Bahasa Daerah Akan Didorong Lewat Muatan Lokal di Sekolah

Program Kampus Mengajar Perintis dan Kampus Mengajar Angkatan 1 & 2 telah dirasakan manfaatnya di berbagai SD dan SMP di seluruh Indonesia. Oleh karenanya, Kemendikbudristek kembali meluncurkan Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022. 

Pada program Kampus Mengajar Angkatan 3 ini, mahasiswa yang telah mendapatkan pembekalan sejak Bulan Januari, akan ditugaskan ke SD dan SMP di seluruh Indonesia tanggal 28 Februari 2022.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: