Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

PTPP Berhasil Rampungkan Proyek Jalan Tol Manado-Bitung, Jokowi Harap Bisa Bantu Pertumbuhan Ekonomi

PTPP Berhasil Rampungkan Proyek Jalan Tol Manado-Bitung, Jokowi Harap Bisa Bantu Pertumbuhan Ekonomi Kredit Foto: PTPP
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT PP (Persero) Tbk (PTPP) berhasil menyelesaikan pembangunan proyek Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2B Danowudu-Bitung sepanjang 13,65 kilometer. 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melakukan peresmian pengoperasian Jalan Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara pada hari Jumat (25/02). 

Peresmian jalan tol yang merupakan seksi akhir dari Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer tersebut diselenggarakan secara langsung di Gerbang Tol Bitung, Kecamatan Maesa, Kota Bitung. 

Presiden Jokowi menyampaikan rasa syukurnya atas Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Danowudu-Bitung yang telah rampung. “Dengan demikian, seluruh Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer tuntas dan siap dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara,” ucap Presiden dalam sambutannya saat peresmian. 

Baca Juga: Kerjakan Proyek Pembangunan Sirkuit Mandalika, Bos PTPP Ungkap Progresnya

“Kita berharap dari pembangunan ini akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, dan kita harapkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara dapat melebihi nasional. Karena di 2021, Sulawesi Utara memang di atas pertumbuhan ekonomi nasional kita,” tuturnya. 

Provinsi Sulawesi Utara memiliki potensi ekonomi yang dapat terus dikembangkan, seperti perikanan, pertanian, perkebunan, pariwisata, dan sebagainya. Untuk mengembangkan semua potensi yang dimiliki oleh Sulawesi Utara tentunya harus didukung dengan infrastruktur yang memadai, salah satunya adalah pembangunan jalan tol.

Dengan hadirnya jalan tol tersebut, selain efisiensi waktu tempuh, pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung juga dapat mempermudah akses menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, sehingga diharapkan dapat menarik investor dan terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Provinisi Sulawesi Utara. 

Baca Juga: PTPP Rampungkan Rehabilitasi Pasar Legi Surakarta, Puan Hingga Gibran Pesan Begini

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PTPP, Novel Arsyad smengatakan dengan telah dituntaskan dan diresmikannya, Jalan Tol Manado-Bitung dapat memangkas waktu tempuh yang cukup signifikan antara Kota Manado dan Kota Bitung.

Bila sebelumnya waktu tempuh antara kedua kota tersebut yang dilalui melalui jalan nasional berkisar 2 sampai 1,5 jam perjalanan, maka dengan menggunakan jalan tol tersebut dapat ditempuh hanya sekitar 30 menit saja. 

“Dengan kehadiran jalan tol ini tentunya akan berdampak positif bagu pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sulawesi Utara, salah satunya dapat menurunkan biaya logistic serta mendukung pengembangan kawasan industri dan destinasi wisata di Sulawesi Utara. Selain itu, keberadaan jalan tol ini juga diharapkan dapat meningkatkan konektivitas wilayah-wilayah sekitar,” ujar Novel. 

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Bagikan Artikel:

Video Pilihan