Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Patut Dicontoh! Begini Cara DBS Kurangi Dampak Pandemi Covid-19

Patut Dicontoh! Begini Cara DBS Kurangi Dampak Pandemi Covid-19 Kredit Foto: DBS
Warta Ekonomi, Jakarta -

Seiring dengan meningkatnya jumlah angka positif kasus COVID-19, yang mana rata-rata selama tujuh hari terakhir mencapai lebih dari 37.000 kasus per hari, banyak perusahaan kembali menerapkan sistem Kerja dari Rumah (Work From Home, WFH). 

Sebagai purpose-driven bank atau bank yang digerakkan oleh tujuan positif, Bank DBS Indonesia berkomitmen dalam menjunjung tinggi keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi atau work-life balance dengan menerapkan kebijakan yang mengakomodir kebutuhan karyawan di tengah pandemi.

"Kesehatan, keamanan, dan kesejahteraan karyawan terutama di masa pandemi seperti saat ini sangatlah penting dan kami optimistis dapat melaluinya bersama-sama. Pada prinsipnya, kami menerapkan upaya menjaga kesehatan karyawan secara holistik yang terintegrasi ke seluruh elemen perusahaan termasuk budaya dan model operasional. Kami menggabungkan informasi tentang riset kesehatan pada tempat kerja dan mendengarkan masukan dari internal sehingga dapat mengambil langkah tepat untuk membuat karyawan tetap produktif dan puas akan layanan yang diberikan oleh perusahaan,” kata President Director of PT Bank DBS Indonesia, Paulus Sutisna di Jakarta, Senin (14/3/2022).

Memasuki tahun kedua masa pandemi ini, Bank DBS Indonesia secara konsisten melakukan berbagai upaya yang dapat mengurangi dampak COVID-19 baik untuk kalangan internal maupun ke komunitas diantaranya Sentra Vaksinasi Gotong Royong (VGR) Booster Bank DBS Indonesia yang dilakukan pada tanggal 12 Februari dan 12 Maret 2022 lalu, Bank DBS Indonesia bersama dengan Kimia Farma. Baca Juga: Bank DBS Bentuk Dewan Komite Keberlanjutan, Dimulai dari Singapura

Program vaksinasi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bank DBS Indonesia terhadap kesehatan karyawan dan anggota keluarganya, serta mendukung upaya pemerintah dalam melaksanakan program vaksinasi nasional demi terciptanya kekebalan komunal (herd immunity) di Indonesia. 

Sebelumnya, Bank DBS Indonesia telah mengadakan program VGR pertama pada 19–20 Juni 2021, 23–26 Juni 2021 dan kedua pada 27-28 Agustus 2021. Di luar itu, Bank DBS Indonesia juga mengadakan program vaksinasi mingguan mulai dari 18 September 2021 sampai dengan 10 Januari 2022 bagi yang belum melakukan vaksinasi demi memastikan seluruh karyawan dan anggota keluarganya Bank DBS Indonesia mendapatkan vaksinasi.

Kemudian memastikan kesehatan dan mengedukasi karyawan melalui holistic employee wellbeing program di mana Bank DBS Indonesia secara rutin mengadakan acara Health Talk bagi karyawan dengan menghadirkan pakar kesehatan sehingga karyawan mendapatkan informasi terkini seputar isu kesehatan. 

"Kami memahami pandemi telah menghilangkan batasan yang jelas antara work dan personal sehingga tanpa disadari dapat menyebabkan seseorang mengalami mental health challenge. Kami ingin rekan-rekan di Bank DBS Indonesia memahami bagaimana cara menjalankan self-care karena semua akan dimulai dari diri sendiri dan unik untuk masing-masing individu," jelas Dia.

Selanjutnya yang terakhir, menjalin keakraban dengan sesama karyawan melalui Radio Together FM. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan mempererat keberlangsungan komunikasi antar karyawan sebagai bagian dari penerapan Together Movement, sebuah inisiasi dari Bank DBS Indonesia selama masa bekerja jarak jauh dalam memastikan komunikasi antar karyawan tetap terjaga dengan baik.

Together Movement ini mengajak karyawan untuk bisa menerapkan nilai Talk, Organize, Grow, dan Express (T-O-G-E), bagi team member, serta perilaku Trust, Huddle, Empathize, dan Resourceful (T-H-E-R) untuk para team leader/people manager.

"Together Movement, yang salah satunya diwujudkan melalui Together FM, bertujuan untuk membuka ruang diskusi bagi para karyawan serta membangun komunikasi yang hangat dan terbuka antara karyawan agar tujuan bersama dapat tercapai lebih cepat. Harapannya, karyawan Bank DBS Indonesia semakin terbiasa dan lugas untuk menyampaikan feedback atau saran yang membangun, baik kepada sesama karyawan, karyawan dengan atasannya, bahkan dengan jajaran manajemen serta perusahaan terlepas dari situasi pandemi saat ini," ungkap Head of HR PT Bank DBS Indonesia, Aries Sunu.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: