Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Masih Hangat Ritual Kendi Nusantara, Pengamat Bongkar Pesan Jokowi ke Investor

Masih Hangat Ritual Kendi Nusantara, Pengamat Bongkar Pesan Jokowi ke Investor Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ritual kendi IKN Nusantara yang melibatkan para pemimpin daerah dan Presiden Jokowi kini masih menjadi perbincangan hangat dalam beberapa waktu belakangan ini.

Pengamat politik Tony Rosyid mengatakan, Jokowi seolah-olah ingin memberi kode kepada para investor untuk berinvestasi. Ritual itu menandakan seluruh kepala daerah kompak untuk menyukseskan pembangunan megaproyek IKN Nusantara.

Baca Juga: Omongan Dukun Ini Bikin Bergidik! Tujuan Jokowi Gelar Ritual Kendi di IKN Dibongkar Habis-habisan!

"Kira-kira Jokowi ingin mengatakan 'jangan takut jika Anda investasi di IKN'," katanya kepada GenPI.co, Selasa (15/03/2022).

Tony mengatakan, IKN Nusantara merupakan proyek mercusuar. Jadi, sukses atau gagalnya akan menjadi catatan sejarah terkait dengan Jokowi sebagai penggagas dan pelaku sejarah.

"Apakah pesan Jokowi melalui ritual kendi nusantara ini akan efektif? Kami akan lihat respons dari para investor itu," ujarnya.

Tony mengatakan, terealisasinya IKN Nusantara tidak bisa hanya mengandalkan APBN saja. "Saat ini, investor menjadi faktor paling menentukan sukses tidaknya IKN Nusantara," ujarnya.

Diketahui, dalam ritual itu para gubernur di 34 provinsi membawa tanah dan air dari wilayah masing-masing. Tanah dan air itu dikumpulkan menjadi satu di IKN Nusantara berdasarkan instruksi Presiden Jokowi.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: