Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gojek Luncurkan Program GoPlay Creator Fund, Buka Akses Pendapatan Berkelanjutan

Gojek Luncurkan Program GoPlay Creator Fund, Buka Akses Pendapatan Berkelanjutan Kredit Foto: GoPlay
Warta Ekonomi, Jakarta -

Untuk mendorong kreator lebih dekat dengan penggemar setia atau true fans, GoPlay, platform livestreaming interaktif dari Gojek, resmi meluncurkan program GoPlay Creator Fund. Dengan dana lebih dari Rp15 miliar, program yang ditujukan bagi kreator konten lokal pada platform GoPlay ini bertujuan untuk membuka akses pendapatan berkelanjutan bagi para kreator dan mendorong tumbuhnya ekonomi kreator di Indonesia.

Dengan demikian, kreator berkesempatan mendapat bonus bulanan dengan proses pencairan yang instan dan seamless, potensi peningkatan virtual gift, pelatihan, hingga keuntungan khusus untuk meningkatkan skala program live show mereka.

Baca Juga: Raih Pendanaan Strategis dari RANS Entertainment, NOICE Siap Perkuat Portfolio Konten

Terbuka bagi seluruh kreator di Indonesia dari berbagai genre bagi kreator di GoPlay termasuk kreator pemula yang belum memiliki penonton dan follower, program GoPlay Creator Fund akan berlangsung sepanjang tahun. Tak hanya itu, lewat fitur instant withdrawal yang dimiliki GoPlay sebelumnya, kreator dapat menikmati proses pencairan dana yang cepat bahkan setelah liveshow berakhir.

Chief Executive Officer (CEO) GoPlay Edy Sulistyo menjelaskan, makin fokus pada layanan livestream interaktif sejak 2021, GoPlay terus memperkuat posisi sebagai rumah kreator lokal Indonesia. GoPlay terus berupaya mendorong tumbuhnya kreator baru dengan menjalankan skema Professional User Generated Content (PUGC) yang membuka pintu selebar-lebarnya pada konten kreator baru untuk berkreasi lewat tayangan livestream dengan kualitas konten yang terus dijaga.

"Dengan demikian, mereka berkesempatan untuk menemukan komunitas penggemar setia di GoPlay. Lewat GoPlay Creator Fund, GoPlay berkomitmen mendukung keberlangsungan konten kreator di Indonesia untuk memperoleh pendapatan yang berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan misi Gojek untuk memberikan dampak sosial bagi para pemangku kepentingan terkait," jelasnya, dalam acara daring, Rabu (30/3).

Edy juga menjelaskan dengan syarat dan ketentuan berlaku, masing-masing kreator akan mendapat jumlah bonus yang berkorelasi dengan performa dari sisi frekuensi live di GoPlay, jumlah penonton, hingga bagaimana kreator dapat menemukan penggemar setia atau true fans dari komunitas penonton.

"Untuk mendukung transparansi dan inovasi, kreator pun akan memperoleh rapor bulanan performa yang dikirimkan secara langsung kepada tiap kreator serta akses untuk instant withdrawal setiap bulan atau ketika show berakhir. GoPlay juga akan menyelenggarakan beragam special mission maupun pelatihan pembuatan konten livestreaming bagi seluruh kreator untuk memastikan kualitas konten yang dihadirkan sehingga makin interaktif dan mendekatkan mereka dengan para penonton," tuturnya.

Tercatat, berbagai kreator di GoPlay telah mampu kumpulkan pendapatan lebih dari puluhan hingga bahkan ratusan juta tiap bulannya melalui fitur virtual gift yang dikumpulkan dari penonton selama streaming di GoPlay. Chief Strategic Officer GoPlay Martinus Faisal menambahkan, berbeda dengan dengan platform lainnya di mana kreator sangat bergantung pada sponsor dari brand untuk memperoleh pendapatan, GoPlay mendorong skema creators economy sejak awal berdiri.

"Creator economy mensyaratkan pendapatan yang diperoleh kreator tidak hanya dari brand, tetapi utamanya dari fans. Sejak pertama kali layanan livestream GoPlay hadir, kreator pemula telah berkesempatan tanpa kriteria minimum tertentu memperoleh pendapatan langsung dari penonton, melalui fitur virtual gift," imbuhnya.

Selain mendapat bonus bulanan dan potensi peningkatan virtual gift, Edi menyebutkan, kreator berkesempatan memperoleh berbagai keuntungan dalam  meningkatkan skala program live show. Beberapa keuntungan tersebut di antaranya:

  • Dukungan promosi kreator maupun iklan berbayar pada berbagai media channel GoPlay;
  • Edisi spesial virtual gift dengan desain khusus pada liveshow yang diselenggarakan kreator;
  • Dapat menggunakan studio rekaman GoPlay di Jakarta untuk kebutuhan livestreaming;
  • Dapat tampil dalam acara liveshow rutin GoPlay, seperti GoCoustic, hiburan akustik mingguan GoPlay, atau GoPlay Playground, penampilan spesial bulanan yang menampilkan berbagai kreator unggulan GoPlay;
  • Kesempatan mendapat sponsor dari brand partner yang difasilitasi GoPlay;
  • Mentorship khusus dari tim GoPlay;

"Lewat program ini, lebih banyak lagi kreator dapat berkreasi sepenuhnya dalam menghadirkan tayangan yang interaktif, edukatif, dan menghibur para true fans mereka, jadi bukan sekadar konten yang viral. Membuat konten livestreaming tidak semudah membuat konten video biasa yang dapat diedit atau cut, ditambahkan filter, atau cara-cara lain untuk mempercantik hasil akhirnya," kata Edy.

"Tapi di livestreaming, kreator bisa menunjukkan potensi mereka untuk bisa lebih akrab dan berinteraksi dengan penonton sehingga pada akhirnya penonton dapat mengapresiasi lebih dari sekedar skill editing video-nya, tetapi kualitas karya kreator yang bersangkutan," tutup Edy.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: