Kredit Foto: Istimewa
Setelah mengumumkan pendanaan seri A dari COOP Marketing, yang merupakan perusahaan penyedia e-voucher terbesar di Korea Selatan, Pay’s Gift (Aldmic) memutuskan untuk melebarkan sayap ke lini Business-to-Consumers (B2C). Perusahaan Aldmic COOPN Digital - sebelumnya bernama PT Aldmic Technology Indonesia ini berupaya untuk menambah fokus bisnis dengan menumbuhkan budaya pemberian hadiah peer-to-peer di Indonesia.
Willy Thomas, CEO Aldmic COOPN Digital mengatakan, sebagai platform mobile gifting pertama di Indonesia, Pay’s Gift bertujuan untuk merevolusi kebiasaan pemberian hadiah di Indonesia dengan cara yang fleksibel, praktis, dan berkelanjutan. Perusahaan ingin menjadikan hadiah digital sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, terutama untuk mengekspresikan apresiasi dan terima kasih satu sama lain.
"Pembelian voucher di platform Pay’s Gift bisa dilakukan secara instan, dengan lebih dari 70 pilihan brand dari berbagai kategori, mulai dari F&B seperti voucher GrabFood Chatime hingga brand kesehatan seperti Dr Kong,” ungkap Willy.
Perusahaan Aldmic COOPN Digital - sebelumnya bernama PT Aldmic Technology Indonesia - merupakan aggregator merchant yang memiliki spesialisasi dalam penyediaan voucher digital dan manajemen program loyalty perusahaan.
Untuk memasuki lini B2C dalam pemberian hadiah digital dinilai tepat. Pasalnya, menurut Global Gift Card Survey tahun 2021, pasar pemberian gift card di Indonesia akan tumbuh pesat dari USD1.365,7 juta pada tahun 2020 menjadi USD2.302,6 juta pada tahun 2025. Laju Pertumbuhan Tahunan Majemuk (CAGR) diprediksi akan mencapai 9,9% per tahun pada periode 2021-2025.
Tak hanya itu, karena masyarakat Indonesia kian terbiasa bertransaksi online, permintaan untuk voucher digital pun ikut meningkat. Dibandingkan dengan kategori produk lain yang cenderung mengalami penurunan selama pandemi, pembelian pulsa dan voucher digital di kanal e-commerce justru naik sebesar 4% dari tahun 2019-2020. Berdasarkan riset SIRCLO, ditemukan pula bahwa 45,2% perempuan melakukan pembelian pulsa dan voucher digital secara online.
Selain tren positif tersebut, Pay’s Gift juga meyakini bahwa Indonesia memiliki potensi penduduk dan kultur yang sejalan dengan fokus perusahaan. Dengan populasi terbanyak ke-4 di dunia, Indonesia juga memiliki kebiasaan untuk saling memberikan hadiah, terutama pada momen-momen spesial seperti Tahun Baru, Lebaran, Natal, ulang tahun, dan Imlek.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Tag Terkait: