Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Siap-siap! BMKG: Perkiraan Cuaca Peringatan Dini Besok Hujan Angin

Siap-siap! BMKG: Perkiraan Cuaca Peringatan Dini Besok Hujan Angin Kredit Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Rabu (13/4/2022). Dilansir web.meteo.bmkg.go.id Siklon Tropis Malakas terpantau di Laut Filipina dengan kecepatan angin maksimum 65 knot dan tekanan udara minimum 970 mb. Sistem ini bergerak ke arah utara barat laut dan diprakirakan intensitasnya akan menguat untuk periode 24 jam ke depan.

Kemudian menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 kt (low level jet) dari perairan selatan Filipina hingga Laut Filipina.

Baca Juga: Blak-blakan! Pawang Hujan Mbak Rara Mengaku Sering Baca Cuaca BMKG Sebelum Bekerja

Selain itu, untuk Siklon Tropis Megi terpantau berada di Filipina bagian timur dengan kecepatan angin maksimum 35 knot dan tekanan udara minimum 1002 mb. Pergerakan sistem ini cenderung stasioner dan diprakirakan intensitasnya akan melemah dan punah dalam periode 24 jam ke depan.

Sehiggga, kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet tersebut.

Adapun wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di tanggal 13 April 2022 - 14 April 2022, adalah daerah Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara (Maluku), Papua Bara dan Papua. Sementara itu, wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah wilayah Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Barat.

Penulis: Ratih Widihastuti Ayu
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan