Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenpora-PSSI Matangkan Persiapan Piala Dunia FIFA U-20 Tahun 2023

Kemenpora-PSSI Matangkan Persiapan Piala Dunia FIFA U-20 Tahun 2023 Kredit Foto: PSSI
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus memberikan dukungan untuk PSSI dalam rangka mempersiapkan Indonesia untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2023 mendatang.

Federation International Football Association (FIFA) dijadwalkan akan mengecek langsung kesiapan Piala Dunia U-20 di Indonesia dalam waktu dekat. Plt. Sesmenpora Jonni Mardizal ingin hal itu dapat dipersiapkan dengan matang.

"Intinya dalam waktu dekat ini FIFA akan mengadakan kunjungan ke Indonesia, namun sebelumnya ada rapat koordinasi dengan FIFA melalui virtual," Kata Jonni usai memimpin rapat persiapan penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2023 di Jakarta, kemarin.

"Jadi, jelang itu kita adakan rapat ini kita undang internal kita, PSSI, Kemensesneg, Kemenkumham, Kemenkeu, Kementerian PUPR, Kemenaker, Dirut PPK GBK dan teman-teman dari provinsi penyelenggara (DKI Jakarta, Bali, Sumsel, Jateng, Jabar, Jatim secara virtual). Kita ingin koordinasi sejauh mana persiapan mereka dan kesiapan dari kota-kota itu dalam penyelenggaraan FIFA U-20/2023," tambahnya.

Menurut Jonni, ada banyak kemajuan dari persiapan di provinsi penyelenggara, hanya ada sedikit masalah minor yang bisa secepatnya diperbaiki. "Dari hasil rapat ini cukup produktif, ada kemajuan luar biasa dari hasil kunjungan PSSI terhadap lapangan tempat penyelenggaraan maupun latihan. Secara umum bagus dan baik hanya ada sedikit perbaikan minor tidak begitu prinsip," urainya. 

Sementara terkait Keppres dan Inpres penyelenggaraan Piala Dunia U-20, menurutnya segera akan ada pembaharuan. "Terkait Keppres dan Inpresnya akan segera kita perbaharui. Untuk substansinya perlu bantuan PSSI yang tahu dan apa keinginan FIFA tentu akan kita akomodir, agar nanti tidak masalah dan penyelenggaraan berjalan lancar," pungkasnya.

Sekjen PSSI Yunus Nusi mengungkapkan kedatangan delegasi FIFA pada Juni di Indonesia lanjutnya, akan juga dipersiapkan dengan baik agar kedatangan FIFA dapat dipergunakan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin.  

"Infrastruktur semuanya kita harap di Januari 2023 stop tidak ada kegiatan apapun. Kami meminta kepada kawan-kawan provinsi dan kota di bulan Januari tidak ada lagi pemanfaatan kegiatan di lapangan yang diperbaiki untuk kepentingan selain PSSI dan FIFA," ujarnya.

Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20. Pesta sepakbola sedunia untuk kelompok umur di bawah 20 tahun itu sejatinya berlangsung tahun 2021, namun karena pandemi Covid-19 akhirnya diundur dua tahun kemudian.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan