Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bukan Cuma Modal Golok, Densus 88 Klaim Temukan Bukti Teroris NII Mau Gulingkan Pemerintah, Simak!

Bukan Cuma Modal Golok, Densus 88 Klaim Temukan Bukti Teroris NII Mau Gulingkan Pemerintah, Simak! Kredit Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kepala Bagian Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar mengatakan pihaknya menemukan sejumlah bukti kelompok teroris Negara Islam Indonesia (NII) yang ditangkap di wilayah Sumatera Barat, berencana untuk melengserkan pemerintah sebelum Pemilu 2024.

“Sejumlah barang bukti yang ditemukan dalam bentuk dokumen tertulis, menunjukkan rencana yang tengah dipersiapkan oleh jaringan NII Sumatera Barat, yakni upaya melengserkan pemerintah yang berdaulat sebelum tahun pemilu 2024,” kata Aswin melalui keterangannya pada Senin, 18 April 2022.

Menurut dia, jaringan NII di Sumatera Barat memiliki visi-misi yang sama persis dengan NII Kartosuwiryo, yakni mengganti ideologi Pancasila dan sistem pemerintahan Indonesia saat ini dengan syari’at Islam, sistem khilafah, dan hukum Islam.

Baca Juga: Munarman Divonis 3 Tahun, Tim Hukum: "Hadirnya Pejabat Tinggi BNPT di Persidangan Patut Diduga...

“Memiliki keinginan untuk mengubah ideologi Pancasila dengan ideologi Syariar Islam secara kaffah, memiliki niat untuk menggulingkan pemerintahan yang sah apabila NKRI sedang dalam keadaan kacau/chaos,” jelas dia.

Di antara sekian rencana tersebut, kata dia, terdapat juga potensi ancaman berupa serangan teror yang tertuang dalam wujud perintah mempersiapkan senjata tajam (disebutkan golok) dan mencari para pandai besi. 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan