Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Terungkap, Dua Kekuatan Bakal Tentukan Hasil Pemilu 2024

Terungkap, Dua Kekuatan Bakal Tentukan Hasil Pemilu 2024 Kredit Foto: IndoNarator
Warta Ekonomi, Bandung -

Peta kekuatan politik pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang kini mulai terbaca. Kendati begitu, hanya ada dua kekuatan dominan yang bakal menentukan hasil akhir politik elektoral.

Director Research of IndoNarator, Harsam mengatakan dua kekuatan tersebut tak lain adalah kekuatan Islam dan militer satu warna 'hijau' dan dua bendera. 

Baca Juga: Pengamat Sebut Ketegasan Jokowi Soal Pemilu Bikin Penamparnya Mulai Ketar-ketir!

"Kami mengistilahkan dwi kekuatan politik ini dengan sebutan 'satu warna dua bendera'," kata Harsam dalam keterangan resminya, Selasa (18/4/2022).

Menurutnya, pembacaan peta kekuatan politik Indonesia sejak awal kemerdekaan terutama di periode awal kemerdekaan hingga orde baru selalu menempatkan militer dan terutama Islam sebagai kekuatan determinan.

Pengaruh Islam dan militer, bisa dihubungkan baik itu dalam konteks mempertahankan negara dari rongrongan kolonialisme, menjaga spirit nasionalisme hingga mengisi pembangunan bangsa.

Baca Juga: Cak Imin Ungkap Alasan Usul Penundaan Pemilu, Wapers Maruf Amin Dibawa-Bawa

"Dari pengalaman historis kita mendapati satu bukti empiris bahwa militer dan terutama Islam memainkan peran strategis dalam menjaga keutuhan bangsa," ungkapnya.

Sebut saja Presiden Soekarno yang kala itu mendesak Jenderal Soedirman untuk memberikan fatwa bagi umat Islam untuk mempertahankan kemerdekaan menimbang kekuatan militer Indonesia kala itu belum begitu memadai.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan