Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Desa Wisata SVN Telkom Siap Hadapi Musim Libur Lebaran 2022

Desa Wisata SVN Telkom Siap Hadapi Musim Libur Lebaran 2022 Kredit Foto: Telkom Indonesia
Warta Ekonomi, Bandung -

Desa Wisata binaan Smart Village Nusantara/SVN PT Telkom siap menghadapi Libur Lebaran 2022. Hal itu, seiring diperbolehkannya mudik setelah dua tahun dilarang dampak pandemi COVID-19. 

Kaur Perencanaan Desa Kemuning, Karanganyar, Jawa Tengah, Dwi Saryanto mengatakan, pihaknya bersiap menyiapkan tambahan enam buah perangkat Elok (Elektronik Loket) SVN dari sebelumnya tiga unit.  

Baca Juga: Kemendagri Lakukan Percepatan Penyelesaian Peta Batas Desa di Bali, NTB, dan Jambi

"Karena kami perkirakan, mulai H+1 Lebaran tahun ini, pemudik yang berlibur kisaran empat sampai lima ribu per hari. Total dalam seminggu masa libur bisa mencapai 20.000 orang setelah libur Lebaran dua tahun kemarin sepi sekali," kata Saryanto dalam keterangan resminya, Rabu (20/4/2022). 

Menurutnya, penambahan perangkat Elok akan diutamakan pada wahana unggulan desa wisata tersebut seperti tur desa menggunakan jeep (Kemuning Jeep Adventure), Kalimas, dan Taman Satwa Kuning. Sisanya untuk wahana Tubing Pring Kuning, Taman Satwa Kuning, dan lainnya. 

Baca Juga: Perkuat Program Vokasi, Kadin Jatim Gandeng Telkom

Dwi menjelaskan, pihaknya gembira dengan potensi liburan tahun ini, termasuk dengan penambahan Elok tadi. Sebab, digitalisasi tersebut sudah nyata meningkatkan transparansi serta pemasukan sektor wisata ke desanya. 

"Selama ini kami belum jadikan PAD Desa karena Pak Kades mendorong yang penting ramai menggerakkan ekonomi desa dulu. Dan itu sudah terbukti manfaatnya buat masyarakat maupun buat BUMDes kami, Madusuko Makmur," jelasnya.

Baca Juga: Waduh! Ketua KPK Disebut Paksa Anies Baswedan Jadi Tersangka Soal Formula E, Eh Ada yang Gak Terima: Semua yang Baik Justru Dihabisi...

Halaman:

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: