Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hasil Survei Parpol Terbaru, Ini Urutannya

Hasil Survei Parpol Terbaru, Ini Urutannya Kredit Foto: Antara/Reno Esnir
Warta Ekonomi, Jakarta -

Charta Politika merilis hasil survei tentang elektabilitas atau tingkat keterpilihan partai politik. Hasil survei menunjukkan PDIP keluar menjadi pemenang jika pemilihan legislatif dilaksanakan pada minggu kedua atau ketiga April 2022. 

"PDI Perjuangan masih ada di posisi paling atas dengan angka (elektabilitas) 24,7 persen, " kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya saat rilis hasil survei secara vitual, Senin (25/4/2022). 

Baca Juga: Masinton Kritisi Korupsi Minyak Goreng, Refly Harun: Yang Diinginkan Barangkali Tumbangnya Luhut

Juara dua ditempati Gerindra. Partai berlambang kepala Garuda mendapat dukungan sebesar 11,9%. Terpaut jauh dari banteng moncong putih yang berada di posisi puncak. Kemudian PKB dan Partai Golkar berebut tempat ketiga karena kedua partai hanya beda angka di belakang koma. 

"Peringkat tiga ada PKB berimbang dengan Golkar di 9,8 dan 9,2 persen, " tambah Yunarto. 

Persaingan cukup ketat juga terjadi antara PKS dan Demokrat. Dua partai yang memilih sikap oposisi terhadap pemerintah Jokowi ini berebut posisi kelima dan disusul Partai Nasdem dengan elektabilitas di atas 2% atau parliamentary threshold.

"PKS dan Demokrat bersaing di angka 7,7 dan 7 persen dan di bawahnya ada Nasdem dengan 5,1 persen, " kata Yunarto lagi.

Kemudian, hasil survei menunjukkan ada dua partai politik terancam tidak lagi punya wakil di DPR RI karena tidak lolos parliamentary threshold yakni PPP dan PAN.  

"Jadi kalau kita lihat di sini ada tujuh partai yang sudah aman melewati angka parliamentary treshold, sementara partai-partai lain seperti PPP, PAN, partai baru seperti Partai Gelora, Partai Ummat, PSI masih harus sangat bekerja lebih keras untuk melewati angka potensial parliamentary treshold, " demikian kata Yunarto Wijaya.

Survei Charta Politika ini digelar secara nasional pada 10-17 April 2022. Sebanyak 1.220 responden dipilih secara acak bertingkat, hingga akhirnya mendapatkan responden terpilih dari 122 kelurahan di Indonesia. Margin of error survei diperkirakan plus minus 2.83% pada tingkat kepercayaan 95%.

Berikut elektabilitas seluruh partai politik berdasarkan hasil survei Charta Politika:

1.PDIP: 24,7%

2.Gerindra: 11, 9%

3.PKB: 9, 8%

4.Golkar: 9, 2%

5.PKS: 7, 7%

6.Demokrat: 7, 0%

7.NasDem: 5, 1%

8.PPP: 2, 0%

9.PAN: 1, 5%

10.Perindo: 1, 1%

11.Partai Gelora: 0, 3%

12.Partai Hanura: 0, 3%

13.Partai Ummat: 0, 2%

14.PSI: 0, 2%

15.PBB: 0, 1%

16.Partai Garuda: 0, 1%

Tidak Tahu/Tidak Menjawab 18, 9%

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan