Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pulang Kampung Aman dan Nyaman, BP2MI Mantap Sediakan Shelter Gratis buat Para PMI

Pulang Kampung Aman dan Nyaman, BP2MI Mantap Sediakan Shelter Gratis buat Para PMI Kredit Foto: Muhammad Syahrianto
Warta Ekonomi, Jakarta -

BP2MI menyediakan tempat berlindung atau shelter untuk para pekerja migran Indonesia (PMI) agar kepulangan dari luar negeri aman dan nyaman, kata kepala badan itu, Benny Rhamdani.

"BP2MI menyediakan shelter untuk menampung sementara PMI sebelum pulang ke kampung halaman namun masih terbatas. Kelayakan shelter akan tetap jadi yang utama agar aman dan nyaman," katanya kepada wartawan, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga: Jelang Lebaran Idul Fitri, BP2MI Pantau Persiapan Kepulangan Para PMI

Untuk memenuhi rencana tersebut, BP2MI berkoordinasi dengan Kementerian Sosial (Kemsos) agar Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) dapat dipakai menampung PMI sementara sebelum pulang ke daerah asalnya. 

Selain dengan Kemsos, BP2MI melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri melalui perwakilan Indonesia. Tujuannya untuk mendapat informasi rencana kepulangan PMI, sehingga BP2MI dapat menyiapkannya dengan baik.

Benny mengatakan, pihaknya memproyeksikan sekitar 12.134 PMI dari 24 negara penempatan, yang akan pulang ke tanah air karena kontak kerjanya akan segera berakhir pada bulan Mei 2022. 

“PMI terbanyak yang akan kembali ke Indonesia sesuai dengan berakhirnya kontrak, adalah dari negara Taiwan sebanyak 6.023 PMI, Hongkong sejumlah 3.760 PMI, Korea Selatan sejumlah 1.741 PMI, dan 610 PMI yang berasal dari 21 negara lainnya,” jelasnya.

Ia menyambung, terhitung 1 Januari hingga 12 April 2022, sebanyak 64.811 PMI telah kembali ke Indonesia di masa pandemi Covid-19, dengan skema penempatan Private to Private (P to P) sejumlah 59.917 PMI, Government to Government (G to G) sejumlah 2.845 PMI, perseorangan sejumlah 1.902 PMI, serta Untuk Kepentingan Perusahaan Sendiri (UKPS) sejumlah 147 PMI.

Diketahui kepulangan para PMI dari luar negeri tersebut, sesuai dengan Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 17 Tahun 2022, dilakukan melalui entry point di 10 bandar udara, 8 pelabuhan laut, serta 3 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan