Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lewat Platform Agree, Telkom dan Kementan Digitalisasikan SDM Pertanian

Lewat Platform Agree, Telkom dan Kementan Digitalisasikan SDM Pertanian Kredit Foto: Telkom Indonesia
Warta Ekonomi, Bandung -

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjalin kolaborasi dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan)
sebagai upaya pengembangan ekosistem digital di sektor pertanian.

Kolaborasi tersebut diwujudkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama yang bertajuk Sinergitas Digitalisasi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kewirausahaan pada Bidang Pertanian, di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Baca Juga: Telkomsel Siaga #SambungkanSenyuman Menggelar Rangkaian Kegiatan Berbagi Kebahagiaan Ramadan

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini turut dihadiri oleh VP Synergy Telkom, Suhartono; Executive Vice President Digital Business & Technology Telkom, Saiful Hidajat; dan Head of Digital Ecosystem Agriculture, Hikmatullah Ihsan Purnama. Sementara dari Kementan diwakili oleh Kepala Pusat Pendidikan Pertanian BPPSDMP Kementan, Idha Widi Arsanti.

Mitra Tani Parahyangan yang merupakan bagian dari ekosistem pertanian Agree menjadi saksi kerja sama antara dua instansi dalam mewujudkan sumber daya manusia di bidang pertanian yang maju, mandiri dan modern, serta berjiwa kewirausahaan, khususnya di wilayah Cianjur. Kolaborasi ini dapat tercipta karena dilandasi oleh tujuan yang sama, yakni membangun transformasi dan digitalisasi di bidang pertanian sehingga mampu menjawab tantangan revolusi industri 4.0.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Telkom telah menjalin komunikasi dengan BPPSDMP Kementan serta stakeholder lain dari Himbara maupun perusahaan agribisnis, terkait peluang kerja sama dalam pengembangan ekosistem digital pertanian.

Executive Vice President Digital Business & Technology Telkom, Saiful Hidajat mengatakan, Telkom sangat serius dalam menuju digitalisasi. Telkom melalui Divisi Digital Business & Technology juga telah berhasil mengembangkan beberapa platform untuk mendukung digitalisasi ekosistem pertanian. Platform di bawah naungan payung Leap-Telkom Digital seperti Agree, Pijar, dan tidak menutup kemungkinan juga platform lainnya, memiliki andil dalam terciptanya kolaborasi antara Telkom dan BPPSDMP Kementan.

Baca Juga: Telkom dan Kadin Sepakat Kembangkan Platform Kadin Tech Hub

"Kami berharap sinergi antara Telkom dan Kementan ini menjadi awal yang sangat baik dalam kemajuan pertanian Indonesia. Telkom mempunyai tiga misi, yang dua di antaranya sangat in line dengan Kementan," kata Saiful dalam keterangan resminya, Rabu (27/4/2022)

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan