Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Klinko Raih Pertumbuhan Positif Tahun 2021, Bukti Alat Kebersihan Ramah Lingkungan Makin Diminati

Klinko Raih Pertumbuhan Positif Tahun 2021, Bukti Alat Kebersihan Ramah Lingkungan Makin Diminati Kredit Foto: Klinko
Warta Ekonomi, Gresik -

Industri alat kebersihan (cleaning equipment) menunjukkan pertumbuhan positif di tengah pandemi Covid-19. Hal ini seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan menjaga kebersihan sebagai upaya preventif dari penyebaran virus Covid-19. Tak hanya kebutuhan domestik, produk manufaktur ini juga mengalami banjir permintaan untuk kebutuhan area komersil seperti operasional perkantoran dan industri.

PT Klinko Karya Imaji (Klinko), produsen alat kebersihan asal Gresik, turut mengalami pertumbuhan positif di tahun 2021. Tercatat dalam laporan keuangan perusahaan di tahun 2021, Klinko memperoleh peningkatan laba bersih sebesar 46% dibanding tahun 2020. Perusahaan menargetkan pertumbuhan sebesar 300% pada tahun 2022, dan meningkat lagi hingga 200% pada tahun 2023 atau senilai Rp2,8 miliar dan Rp4,3 miliar pada tahun 2024.

Baca Juga: Wow Banget! Laba Bersih Bank Mandiri Tumbuh 70% di Kuartal I 2022

Direktur Utama Klinko, Anggun Supanji menilai, alat kebersihan adalah komoditas peralatan rumah tangga yang punya serapan tinggi di pasar dan cenderung stabil karena mendukung higienitas dan kualitas hidup manusia.

"Sebagai salah satu promising player di industri kebersihan, Klinko memiliki visi menjadi produsen alat kebersihan yang berkualitas dan ramah lingkungan bertaraf internasional. Kami punya filosofi sekaligus tagline Cleaning with Colors, terwujud lewat varian produk Klinko yang beraneka warna dan dinamis. Artinya, kami ingin aktivitas membersihkan terkesan menyenangkan, tidak lagi dianggap hal yang membosankan," ungkap Anggun, dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (27/4/2022).

Baca Juga: Emiten BAUT Catatkan Kinerja Laba Bersih Triwulan I Rp956,25 Juta!

Didirikan pada tahun 2016, Klinko semula memproduksi 5.000 kain pel per bulan dengan fokus market komersial dan retail domestik. Tak butuh waktu lama, perseroan ini kian melesat dalam memasarkan berbagai produk kebersihan rumah tangga unggulannya meliputi lobby duster, keset lantai, kain pel, serta 16 produk turunan lainnya.

Setahun kemudian, industri cleaning equipment ini berhasil menembus pasar ekspor pertamanya ke Singapura dan Italia, hingga kini meluas ke empat benua yakni Asia, Afrika, Amerika, dan Eropa. Keberhasilan ini juga ditunjang model kerja sama private labels, yaitu Klinko selaku produsen menyuplai produknya kepada klien komersial untuk dipasarkan sebagai brand lain. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: