Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dukung UMKM, Bank Mandiri dan Pos Indonesia Kerjasama Cross Keagenan

Dukung UMKM, Bank Mandiri dan Pos Indonesia Kerjasama Cross Keagenan Kredit Foto: Bank Mandiri
Warta Ekonomi, Yogyakarta -

Bank Mandiri menyepakati kerjasama dengan Pos Indonesia untuk mendorong perekonomian Indonesia terutama pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal ini diwujudkan lewat peresmian kerjasama bisnis model cross keagenan antara Mandiri Agen yang merupakan mitra usaha Bank Mandiri dan Agen Pos mitra usaha Pos Indonesia sebagai upaya meningkatkan inklusivitas layanan keuangan dan layanan kurir.

Cross agent ini menawarkan layanan one stop service, di mana cross agent akan dapat melayani transaksi perbankan juga dapat melakukan kegiatan kurir dan logistik.

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri, Josephus K. Triprakoso mengatakan, kerjasama ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi antar BUMN. Dimana saling bersinergi dalam rangka memberikan dampak lebih besar terhadap pertumbuhan perekonomian secara nasional.

“Bank Mandiri saat ini telah didukung lebih dari 100.000 jaringan Mandiri Agen yang tersebar di seluruh Indonesia dan siap memberikan berbagai layanan keuangan kepada masyarakat. Begitu pun Pos Indonesia yang telah memiliki jaringan layanan kantor Pos dan Agen Pos yang representatif di seluruh Indonesia. Dengan kerjasama ini, ada potensi jaringan layanan agen dapat tumbuh berkembang bersama-sama,” ujar Josephus dalam penandatanganan piagam kerjasama tersebut di Yogyakarta, Kamis (5/5/2022). Baca Juga: Catat! Ini Jadwal Operasional Bank Mandiri Selama Libur Lebaran 2022

Dia optimis, sinergi ini dapat memberikan nilai tambah dan kemudahan bagi para mitra usaha Bank Mandiri dan Pos Indonesia untuk mengembangkan usahanya. Di sisi lain sebagai upaya peningkatan dan pemerataan akses masyarakat terhadap produk layanan keuangan dan layanan jasa kurir di Indonesia.

“Kerjasama ini sangat menguntungkan bagi berbagai pihak, terutama untuk Mandiri Agen dan Agen Pos, dimana Mandiri Agen yang memberikan layanan keuangan seperti pembukaan rekening dan transaksi tarik setor tunai nantinya juga bisa menjadi Agen Pos yang memberikan layanan jasa kurir seperti pengiriman paket baik domestik maupun internasional dan begitu pun sebaliknya. Tentunya ini dapat menambah penghasilan para agen dan membantu pengembangan usahanya,” ungkapnya.

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana mengatakan, kerja sama antara Pos Indonesia dan Bank Mandiri selaras dengan semangat sinergi antar BUMN, dan sejalan dengan transformasi bisnis yang sedang dilakukan PT Pos Indonesia.

Menurut perseroan, kolaborasi ini bukti konkret dukungan Pos Indonesia kepada pelaku UMKM, dalam upaya peningkatan dan pemerataan akses masyarakat terhadap produk layanan keuangan dan kurir. Baca Juga: Ribuan Agen Pos dan Mandiri Agen Segera Diresmikan di 4 Kota Besar

“Melalui kerja sama ini, jaringan cross agent dua BUMN akan semakin luas dan masif. Di sisi lain, akses masyarakat terhadap layanan keuangan dan kurir semakin mudah. Tentu ini akan memudahkan masyarakat terutama pelaku UMKM lebih maju dan berkembang,” jelasnya. 

Adapun, saat ini PT Pos Indonesia memiliki jaringan lebih dari 4.800 kantor, 8.891 Agen Pos, serta puluhan ribu agen yang terhubung dengan berbagai layanan Pos Indonesia. Pos Indonesia juga memiliki jangkauan ke ratusan negara di dunia.

Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel:

Video Pilihan