Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Raih Pendanaan Seri A, SATURDAYS Bawa Misi Sediakan Akses Kacamata Terjangkau ke Seluruh Indonesia

Raih Pendanaan Seri A, SATURDAYS Bawa Misi Sediakan Akses Kacamata Terjangkau ke Seluruh Indonesia Kredit Foto: SATURDAYS
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebagai merek kacamata lokal asal Indonesia, SATURDAYS telah meraih pendanaan Seri A dengan nilai investasi yang dirahasiakan yang dipimpin oleh Altara Ventures. DSG Consumer Partners dan afiliasi lainnya juga bergabung dalam putaran pendanaan ini.

Dengan pendanaan baru ini, SATURDAYS bertujuan mempercepat ekspansi ke seluruh Indonesia, memperkuat pengalaman omnichannel berbasis teknologi, serta mendorong pertumbuhan produknya.

Baca Juga: Populerkan Daging Nabati, OFF FOODS Raih Pendanaan Rp24,5 Miliar dari Alpha JWC Ventures dan GFC

"SATURDAYS menawarkan kacamata dengan harga terjangkau dan berkualitas tinggi yang dirancang agar pas dan terlihat baik bagi konsumen Asia. Teknologi pendekatan omnichannel yang kami miliki memainkan peran yang sangat penting agar kami bisa terus memberikan kemudahan bagi pelanggan sekaligus pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan melalui situs web, aplikasi seluler, pesan singkat, uji coba di rumah, atau bahkan langsung di toko yang kami miliki," ucap Co-Founder SATURDAYS Andrew Kandolha, dalam siaran pers di Jakarta, dikutip Sabtu (7/5/2022).

Sebagai merek DTC, lanjut Andrew, sangat penting bagi SATURDAYS untuk memberikan kepuasan pelanggan di setiap pertemuan pertama. "Hal ini kami lakukan demi menciptakan kesan dan pengalaman berbelanja yang tak terlupakan dengan merek SATURDAYS yang solid," tegas Andrew.

SATURDAYS didirikan untuk menjawab isu penting yang mana sebagian penduduk di Indonesia sangat memerlukan penanganan gangguan penglihatan, tetapi hanya sepertiganya yang mampu mengakses atau membeli kacamata dengan resep dan layanan perawatan penglihatan yang mereka butuhkan. Selain itu, masih banyak masyarakat yang memilih membayar lebih untuk sekadar membeli produk kacamata bermerek yang dirancang untuk Western Face atau bahkan sekadar membeli kacamata tiruan dengan kualitas yang kurang baik.

World Health Organization (WHO) merilis sebuah penelitian yang menyatakan bahwa sepasang kacamata dapat meningkatkan produktivitas sebesar 30% dan pendapatan keseluruhan sebesar 20% di berbagai negara berkembang.

"Kami ingin menjadi solusi bagi siapa pun dengan menyediakan kacamata bagi jutaan masyarakat sekaligus menghadirkan visi baru melalui pendekatan omnichannel berbasis teknologi yang kami miliki. Kami juga sangat senang dapat bermitra dengan investor hebat dalam mendukung misi kami untuk memberikan solusi bagi masalah penglihatan di Indonesia," ujar Co-Founder SATURDAYS, Rama Suparta.

SATURDAYS membentuk perilaku baru dalam berbelanja kacamata yang menghadirkan pengalaman digital pertama, yaitu direct-to-consumer kepada konsumen Indonesia. Aplikasi seluler (mobile application) "SATURDAYS LIFESTYLE" yang diluncurkan pada awal tahun 2021 menjadi langkah bagi SATURDAYS untuk memberikan pengalaman berbelanja kacamata secara lebih baik lagi dan tanpa hambatan.

Aplikasi ini pun memiliki fitur yang memungkinkan konsumen untuk mencoba frame secara virtual serta hadirnya layanan yang dapat diuji coba secara langsung dari rumah (Home Try-On). SATURDAYS mempelopori layanan ini, dengan ditangani oleh ahli optik berlisensi yang menghadirkan lebih dari 100 frame bersama dengan peralatan pengujian mata yang nyaman untuk dilakukan di rumah.

Toko offline SATURDAYS juga memainkan peran penting bagi konsumen dalam menemukan produk baru, membangun ekuitas merek, serta mengembangkan kepercayaan dengan konsumen. Saat ini, SATURDAYS telah memiliki 15 toko–8 di antaranya dibuka dalam 3 bulan terakhir–yang berlokasi di pusat perbelanjaan ternama di Indonesia, dan akan terus berkembang di tahun depan.

"Solusi hybrid online-offline dari SATURDAYS melalui jaringan retail toko dan layanan mobile home-try-on yang dilakukan merupakan cara unik SATURDAYS untuk terus memperluas jangkauannya yang berkonsep lifestyle. Lewat daya tarik yang kekininan, SATURDAYS juga bekerja sama dengan merek lainnya seperti Marvel dan EVOS. Tak hanya itu, SATURDAYS juga turut menghadirkan sebuah kafe di dalam toko, yang bertajuk hippie-chic untuk menyajikan rangkaian menu kopi dan makanan manis yang lezat bagi pelanggan. Hal ini merupakan sebuah tampilan bisnis yang sangat efisien dan berkelanjutan untuk menghadirkan layanan kacamata yang terjangkau di luar kota-kota besar di Indonesia," jelas Altara Ventures’ Partner & CMO, Huiting Koh. 

"SATURDAYS siap mengubah apa yang selama ini dirasakan secara langsung oleh konsumen, melalui pengalaman berbelanja langsung di toko lewat saluran pemasaran digital atau digital-first DTC (direct-to-consumer). Dengan mempertimbangkan nilai yang ditawarkan, kualitas distribusi hingga pengalaman konsumen, serta manfaat unik yang ditawarkan untuk pasar Indonesia dan Asia Tenggara, keputusan untuk berinvestasi di SATURDAYS tidaklah sulit. Kami telah melihat pemain kacamata DTC global lainnya di bidang ini dan kami sangat senang dapat bermitra dengan SATURDAYS untuk fase pertumbuhan berikutnya," kata DSG Consumer Partners Head of Southeast Asia, Sameer Mehta.

Pada tahun 2020, SATURDAYS telah menerima pendanaan tahap awal dari perusahaan modal ventura lokal dan regional Alpha JWC Ventures, Kinesys Group, dan Alto Partners.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: