Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kondisi Covid-19 Usai Lebaran Relatif Stabil, Satgas Sebut Fase Endemi Telah Dimulai

Kondisi Covid-19 Usai Lebaran Relatif Stabil, Satgas Sebut Fase Endemi Telah Dimulai Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyatakan Indonesia saat ini terbilang aman untuk dikatakan telah bertransisi ke endemi. Hal ini menimbang kondisi Covid-19 di tingkat nasional yang cenderung terkendali, bahkan pada minggu pertama setelah libur lebaran.

"Bisa dikatakan bahwa Indonesia saat ini tidak berada dalam kondisi kedaruratan dalam hal respons pandemi Covid-19 dan mulai bertransisi ke endemi," kata Wiku Adisasmito, juru bicara Satgas Covid-19, dalam konferensi pers, Selasa (10/5).

Baca Juga: PKS : Pemerintah Wajib Laksanakan Putusan MA Soal Wajib Sediakan Vaksin Covid-19 Halal

Indikator yang dijadikan acuan dalam hal ini adalah perilaku sosial dan ekonomi masyarakat. Menurut Wiku, perkembangan saat ini menunjukkan adanya pertumbuhan ekonomi yang meningkat, angka pengangguran menurun, indeks belanja meningkat, dan mobilitas masyarakat yang cenderung membaik.

Selain itu, kasus Covid-19 itu sendiri juga menunjukkan adanya perbaikan. Meskipun sejumlah daerah masih melaporkan penambahan kasus yang tinggi, seperti DKI Jakarta dengan 519 kasus dalam tujuh hari terakhir, namun terdapat pula provinsi dengan penambahan kasus Covid-19 kurang dari 10, yaitu Sumatra Barat.

Terus menurunnya angka kasus Covid-19 juga dibarengi dengan turunnya perawatan di rumah sakit, terutama layanan intensif dan kematian. Hal ini tercermin dari presentase kesembuhan di seluruh provinsi yang melampaui 90% per 9 Mei 2022.

Di sisi lain, kasus kematian di tingkat provinsi juga terbilang rendah. Penambahan kasus kematian tertinggi terjadi di Jawa Tengah dengan jumlah 63 kasus. Sementara itu, Sumatra Barat menjadi provinsi yang tidak mengalami penambahan kasus. Hal senada juga terlihat pada jumlah kasus aktif yang menurun. 

Melihat perbaikan ini, Wiku mengimbau masyarakat untuk tetapmenegakkan protokol kesehatan sebagai upaya untuk mempertahankan kestabilan kondisi pandemi di Tanah Air.

Baca Juga: Kominfo Ngaku Gak Bisa Takedown Gitu Aja Podcast Deddy Corbuzier Soal Pasangan LGBT, Alasannya...

"Ingat, bukan karena kondisi yang terkendali kemudian pengendalian Covid-19 tidak dilakukan. Pengendalian dan pengawasan akan tetap dijalankan dengan bentuk yang harus disesuaikan dengan kondisi terkini," tuturnya.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan