Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

BPS Beberkan Penyumbang Inflasi Nasional April 2022, Termasuk Minyak Goreng Sawit?

BPS Beberkan Penyumbang Inflasi Nasional April 2022, Termasuk Minyak Goreng Sawit? Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kelangkaan minyak goreng sawit (MGS) pada April 2022 lalu, telah menyumbang inflasi sebesar 0,19 persen, bersamaan dengan bensin. Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), kelangkaan minyak goreng sawit ini menjadi penyumbang inflasi tertinggi pada April 2022.

Baca Juga: Ramai Soal Kelangkaan Migor Nasional, Bagaimana Sejarah Minyak Goreng Sawit di Indonesia?

Terlebih minyak goreng sawit merupakan salah satu dari sembilan kebutuhan bahan pokok masyarakat di Indonesia, utamanya sering digunakan ibu-ibu rumah tangga untuk menggoreng dalam mengolah makanannya.

Berdasarkan laporan BPS diketahui, secara berturut-turut, inflasi sebesar 0,19 persen; 0,09 persen; dan 0,04 persen terjadi pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau. Kelompok ini menjadi penyumbang inflasi terbesar nasional, yaitu sebesar 0,46 persen atau mengalami inflasi sebesar 1,76 persen secara mom.

Baca Juga: BPS: Nilai Tukar Petani (NTP) April 2022 Turun 0,76%

"Tiga komoditas ini yang memberikan andil cukup besar pada inflasi Kelompok Makanan dan Minuman bulan April 2022," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono dalam keterangan resminya, seperti dilansir dari laman InfoSAWIT pada Kamis (12/4/2022). 

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan