Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN Siapkan Dua Gardu Induk Mobile untuk Pembangunan Ibu Kota Baru

PLN Siapkan Dua Gardu Induk Mobile untuk Pembangunan Ibu Kota Baru Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT PLN (Persero) akan membangun dua gardu induk (GI) mobile untuk mendukung pembangunan infrastruktur Ibu Kota Baru di wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran (UIKL) Kalimantan Daniel Eliawardhana menyatakan, kedua GI mobile dengan kapasitas masing-masing 30 Mega Volt Ampere (MVA). 

Baca Juga: Aliri Listrik Daerah Terpencil, PLN Kucurkan Rp3,6 Miliar

"Untuk jangka pendek, dua buah GI yang akan kami bangun di sekitar wilayah Gersik menggunakan peralatan trafo mobile yang kami relokasi dari Pulau Jawa," ujar Daniel dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (14/5/2022).

Daniel mengatakan, 2 buah GI mobile tersebut akan terhubung di jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Kariangau - Petung, ditargetkan rampung pada bulan Agustus dan Desember 2022. 

Baca Juga: PLN Siap Pasok Listrik Hijau untuk Formula E

"Pembangunan gardu induk mobile membutuhkan lahan yang lebih kecil dan waktu pembangunan yang lebih singkat dibanding gardu induk permanen," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Kebutuhan listrik Ibu Kota Baru akan dipasok dari sistem interkoneksi Kalimantan yang saat ini menghubungkan Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. 

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan