Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Majukan Agen BRIlink dan Perkuat Layanan Inklusi Keuangan, Bank Raya Sinergi dengan BRI

Majukan Agen BRIlink dan Perkuat Layanan Inklusi Keuangan, Bank Raya Sinergi dengan BRI Kredit Foto: Bank Raya Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam rangka menunjang pertumbuhan ekosistem digital sektor keuangan dan perbankan serta untuk mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia, BRI Group merealisasikannya melalui agen laku pandai “Agen BRILink”. 

Per April 2022, BRI mencatat jumlah Agen BRILink di seluruh Indonesia mencapai 550 ribu agen dan ditargetkan mampu mencapai 600 ribu agen hingga akhir 2022. 

Bank Raya, sebagai bagian dari BRI Group, telah mengoptimalkan ekosistem BRI yaitu melalui peranan Agen BRILink dengan produk Pinang Paylater yang telah diluncurkan pada 8 Oktober 2021. Hingga posisi terakhir, total disbursement digital loan Pinang Paylater adalah sebesar Rp 245 miliar dengan jumlah number of accounts/NoA sebanyak kurang lebih 6000 Agen BRILink.

“Kami melihat peluang pada Agen BRILink dalam kegiatan operasional sehari-hari, di mana dalam rangka memfasilitasi para Agen BRIlink yang mengalami short cash liquidity untuk penyediaan dana, BRI dan Bank Raya bekerja sama menyediakan fasilitas instant financing atau pinjaman berupa dana talangan yang dapat digunakan agen untuk memenuhi permintaan transaksi pelanggan. Pengajuan Pinang Paylater yang dilakukan oleh Agen BRILink diharapkan dapat memenuhi kebutuhan transaksi Agen maupun kebutuhan peningkatan modal kerja Agen BRILink,” jelas Kaspar Situmorang, Direktur Utama Bank Raya, dalam kegiatan “Halal Bi Halal BRILinkers: Rumahnya Paguyuban Agen Brilink” yang berlangsung di Balai Pemuda, Surabaya, Provinsi Jawa Timur pada Sabtu (14/5/2022).

Baca Juga: Bank Raya Umumkan Kinerja Keuangan Kuartal Pertama 2022

Kegiatan ini dihadiri oleh Erick Thohir selaku Menteri BUMN Republik Indonesia, Amam Sukriyanto selaku Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI, Andrijanto selaku Direktur Jaringan & Layanan BRI, Bustomi selaku CEO Regional Office BRI Surabaya, Kaspar Situmorang selaku Direktur Utama Bank Raya dan Kicky Davetra selaku EVP BRILink BRI.

Kaspar menambahkan bahwa fasilitas Produk Dana Talangan Agen BRILink atau Pinang Paylater merupakan fasilitas pembiayaan dengan tenor yang pendek 5 hari, 14 hari dan 30 hari dengan maksimal plafon sebesar Rp 25 juta.

Dimana, kriteria yang akan d garap dari populasi Agen BRILink adalah Jawara dan Juragan, dengan potensi kurang lebih sebesar 50.000 Agen. Rata-rata pinjaman saat ini sebesar Rp.15 juta dengan rata-rata tenor sebesar 23 hari. "Kami harapkan bisa meningkatkan total disbursement hingga Rp.7,7 Triliun hingga akhir tahun," ucapnya. 

Dirinya sangat optimis bahwa kerja sama dengan BRI akan memberikan kontribusi bagi para Agen BRILink yang merupakan salah satu  pelaku Gig Economy. "Karena pelaku Gig Economy ini adalah salah satu pilar pertumbuhan pemulihan ekonomi di Indonesia. Selain itu juga Gig Economy worker adalah perwujudan UMKM baru yang penyaluran kreditnya dilakukan secara digital berbasis data," jelas Kaspar.  

Pencapaian kinerja tersebut mendapat apresiasi langsung dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. “Kehadiran Agen BRILink dalam memberikan berbagai layanan keuangan sangat terasa manfaatnya di masyarakat. Perannya penting dalam mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia, dan menjadi salah satu support system pengembangan ekosistem ultra mikro di Indonesia. Saya menyambut baik pencapaian dan kinerja yang telah diraih dan tentunya terus kita dukung untuk terus tumbuh dan berkontribusi bagi masyarakat dan negara,” kata Erick.

Baca Juga: Kuartal I/2022, Bank Raya Catat Pertumbuhan Laba 167,03%!

“Agen BRILink merupakan salah satu bagian penting yang tak terpisahkan dalam mewujudkan strategi BRIVolution 2.0 tersebut. Peningkatan peran dan tata kelola Agen BRILink menjadi fokus kami untuk meningkatkan kualitas Agen BRILink dalam melayani masyarakat yang menghadirkan manfaat nyata dengan kenyamanan sedekat kerabat,” ungkap Amam Sukriyanto -  Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI.

Dalam acara ini juga, secara resmi dibentuk komunitas “BRILinkers” yang merupakan paguyuban Agen BRILink dan dilakukan peluncuran terbatas BRILinkers App. Forum ini dibentuk untuk mendukung pertumbuhan bisnis BRILink serta sebagai media informasi, edukasi dan promosi untuk peningkatan kapabilitas Agen BRILink. 

“Kolaborasi ini merupakan wujud nyata transformasi digital Bank Raya dan dukungan BRI sebagai perusahaan induk dari Bank Raya terhadap ekosistem digital, untuk terus mendukung pelaku UMKM di Indonesia, kedepan Bank Raya berharap dapat semakin memperbanyak kolaborasi dengan penyelenggara teknologi finansial dan mewujudkan visi Bank Raya menjadi The Best Digital Bank by Becoming House of Fintech & Home for Gig Economy.,” tutup Kaspar.

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Bagikan Artikel:

Video Pilihan