Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Minuman Herbal, Jawaban Wanita untuk Berbagai Permasalahan Menstruasi

Minuman Herbal, Jawaban Wanita untuk Berbagai Permasalahan Menstruasi Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, tanaman jahe juga telah dikenal akan kandungannya yang dapat mengobati berbagai permasalahan tubuh. Tanaman jahe herbal banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti batuk, mual, hingga nyeri sendiri. Tak hanya itu, jahe juga kaya akan kandungan minyak atsiri yang tinggi serta   kandungan kimia gingerol yang berkhasiat dalam memblokir prostaglandin, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri seperti misalnya menstruasi.

Jahe memiliki sifat antiinflamasi alami, yang mana membuat jahe efektif dalam meredakan rasa sakit. Oleh karena itu, jahe bukan hanya aman tetapi juga baik untuk dikonsumsi bagi wanita yang sedang dalam masa menstruasi. Jahe mengandung berbagai zat gizi seperti kalium, kalsium, magnesium, natrium, fosfor, zat besi, mangan, zinc, tembaga. Selain itu, jahe juga kaya akan berbagai vitamin seperti B1, B2, B3, B5, B6, B9, kolin, C, dan E.

Dengan berbagai kandungan di dalamnya, mengonsumsi jahe ketika menstruasi dapat membantu dalam meredakan kram perut dan nyeri saat menstruasi. Tak hanya itu, minum jahe secara rutin ketika menstruasi dapat mengontrol adanya perdarahan hebat yang dialami oleh sebagian wanita saat menstruasi. Dengan begitu, jahe dapat menjadi pengobatan herbal yang efektif dalam menghindari risiko anemia dan kekurangan darah ketika menstruasi.

Bagi wanita yang sering bermasalah akan siklus menstruasi yang tak beraturan, jahe juga dapat menjadi alternatif yang dapat dicoba dalam melancarkan menstruasi. Mengonsumsi jahe secara rutin dapat berkhasiat sebagai minuman pelancar haid. Minuman jahe dapat dikonsumsi secara langsung, ataupun dicampur ke dalam teh. Bukan hanya itu, jahe juga dapat meringankan gejala PMS (premenstrual syndrome) yang kerap dialami oleh wanita sebelum menstruasi.

Banyak wanita yang saat ini belum memilih mengonsumsi minuman herbal, dikarenakan kurang praktis dan memerlukan waktu panjang dalam mengolahnya. Tak banyak orang tahu, bahwa kini telah banyak minuman herbal yang dibuat secara instan sehingga praktis untuk digunakan. Minuman herbal instan, seperti dalam bentuk bubuk ataupun sirop dapat dikonsumsi secara praktis dan mudah. Dalam memilih minuman herbal, kita juga perlu memerhatikan kualitas produk dan proses pengolahannya agar mendapatkan khasiatnya secara maksimal. Minuman herbal yang berkualitas baik biasanya melewati proses pengolahan yang steril dengan menggunakan mesin khusus agar menjaga kandungan serta ketahanannya.

Seperti contohnya salah satu merek minuman herbal, Healthy Rimpangku. “Produk Healthy memiliki mesin kristalisasi sendiri yang tak banyak digunakan oleh penjual minuman herbal lain, mesin tersebut menjaga kandungan sari dari bahan utamanya, dan memisahkan patinya sehingga dapat diolah menjadi pupuk yang ramah lingkungan”, jelas Bapak Sumarjo terkait proses pengolahan produk herbal instan Healthy Rimpangku.

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan