Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jakarta Terpilih Jadi Tuan Rumah IPA World Congress ke-33

Jakarta Terpilih Jadi Tuan Rumah IPA World Congress ke-33 Kredit Foto: Imamatul Silfia
Warta Ekonomi, Jakarta -

DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah Kongres Asosiasi Internasional atau International Publishers Association World Congress (IPA World Congress) yang akan digelar pada November mendatang.

Mengangkat tema Reading Matters-Embracing The Future, gelaran ini nantinya akan membahas masalah yang dihadapi oleh industri literatur beserta upaya untuk mencari solusinya.

Baca Juga: Diwawancara Bloomberg TV, Anies Baswedan Beberkan Pencapaian di Jakarta

"Literatur ini tidak hanya penerbitan saja, ada penerbit dan juga penulis. Saya kira IPA Congress ini bisa mempertemukan ketiganya," kata Laura Bangun Prinsloo, Chair Jakarta Book City, dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (17/5).

Selain itu, kongres ini juga akan menghadirkan pameran perpustakaan dan aktivitas-aktivitas lainnya. Dengan upaya ini, Laura berharap dapat menjadi momen selebrasi bagi Jakarta dan memanfaatkannya untuk meningkatkan literasi di kota ini.

Indonesia, diwakili oleh Ikatan Penerbit Seluruh Indonesia (IKAPI), merupakan salah satu dari empat negara yang memiliki keanggotaan untuh di IPA. Dengan menggelar IPA Congress di Jakarta, diharapkan dapat menjadi ajang untuk berbagi semangat, bertukar ide, dan membuka ruang kreatif pascapandemi yang terjadi di dunia.

Selain itu, kongres ini diharapkan dapat menjadi sebuah hub bagi kegiatan literasi, budaya, dan seni di Indonesia, baik di Jakarta itu sendiri, Indonesia, maupun Asia Tenggara pada umumnya. "Sebagai tuan rumah dan mewakili lebih dari 2.000 penerbit di Indonesia, IKAPI berkomitmen untuk turut menyukseskan IPA Congress ini," kata Arys Hilman, Ketua IKAPI.

Dalam kesempatan yang sama, Vice President IPA Karine Pansa mengungkapkan, penyelenggaraan kongres ini nantinya akan membahas berbagai isu, mulai dari topik diversitas hingga keberlanjutan. "Kami percaya gelaran ini akan berguna untuk membangun industri yang lebih tangguh dan aman," ujarnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku merasa terhormat karena DKI Jakarta terpilih menjadi tuan rumah IPA World Congress. Riza mengungkapkan, "Dengan terpilihnya Jakarta sebagai tuan rumah kongres, kami berharap ini menjadi sebuah awal yang baik untuk industri penerbitan dan perbukuan. Saya harap ini menjadi bukti bahwa Indonesia punya komitmen yang kuat tentang literasi."

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan