Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Catatkan Pertumbuhan Positif, Kata.ai Terus Dorong Digitalisasi Artificial Customer Experience

Catatkan Pertumbuhan Positif, Kata.ai Terus Dorong Digitalisasi Artificial Customer Experience Kredit Foto: Kata.ai
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perusahaan kecerdasan artifisial berbasis natural language processing Kata.ai meraih pencapaian positif lewat implementasi teknologi AICX (artificial intelligence customer experience) atau yang biasa dikenal chatbot. Teknologi yang didesain untuk memberikan pengalaman komunikasi dua arah antara bisnis dengan konsumen ini kian tumbuh seiring pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

Percepatan adaptasi teknologi digital selama masa pandemi dinilai menjadi salah satu alasan teknologi AICX makin dibutuhkan banyak pelaku bisnis untuk terus meraih pertumbuhan yang berbasis efisiensi.

Baca Juga: Mengulik Lebih Dalam Chatbot Kata.ai, Produk AI yang Mampu Efisiensikan Operasional Bisnis

Irzan Raditya, CEO & Co-Founder Kata.ai menyampaikan bahwa Kata.ai memulai awal tahun 2022 dengan raihan positif dengan pertumbuhan bisnis year on year tumbuh sebanyak 80%. Growth conversations pun meningkat 2x secara year on year dan active user meningkat year on year sebanyak 170%.

"Kita bisa rasakan bersama bahwa konsumen dari banyak industri pun makin piawai untuk mencari berbagai kebutuhannya lewat kanal digital serta makin nyaman berkomunikasi dengan chatbot atau asisten virtual," kata Irzan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Di kuartal pertama tahun 2022, Kata.ai berhasil mencapai 1,5 miliar percakapan yang datang dari berbagai lintas industri. Tercatat 26 industri kini telah mengadopsi teknologi chatbot dengan berbagai orientasi bisnis yang beragam. Tingkat adopsi teknologi AICX tertinggi didominasi oleh enam industri, yaitu jasa keuangan, ritel, teknologi, kuliner, platform e-commerce, serta sektor pemerintahan & BUMN.

Pemanfaatan teknologi chatbot disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang bervariasi mulai dari kebutuhan customer service, asisten virtual, marketing, leads generation, sampai dengan employee engagement dari fungsi human resources.

Dengan kondisi pandemi yang makin terkendali, bisnis perlahan mulai pulih dalam berbagai penyesuaian di dalam operasional usaha. Penggunaan teknologi kecerdasan artifisial di banyak sektor makin banyak diterapkan sebagai bentuk inovasi bisnis agar semakin relevan dengan kebutuhan konsumen yang terus berkembang. Kata.ai lewat produk Kata Platform memberikan solusi terhadap kebutuhan customization bisnis untuk bisa mencari solusi teknologi chatbot yang reliable serta memudahkan pelaku bisnis dalam menjalankan kegiatan usahanya dengan platform digital.

"Teknologi kecerdasan artifisial dari hari ke hari makin bertumbuh seiring dengan gaya hidup konsumen itu sendiri. Penetrasi koneksi internet yang makin cepat, penggunaan smartphone yang merata di masyarakat, pembayaran lewat dompet digital, belanja online serta layanan yang umumnya ditemui sehari-hari kini jadi peluang teknologi kecerdasan buatan untuk bisa diadaptasi dengan tujuan memberikan pengalaman yang lebih baik lagi. Bermacam industri pun makin fokus untuk bisa mengembangkan solusi yang tepat lewat penerapan teknologi chatbot yang makin relevan dalam memaksimalkan operasional demi meraih keuntungan bisnis," tutup Irzan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: