Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Evaluasi Penanganan Mudik Lebaran 2022, Kemenhub Bakal Tambah Rest Area di Tol Jakarta-Cikampek

Evaluasi Penanganan Mudik Lebaran 2022, Kemenhub Bakal Tambah Rest Area di Tol Jakarta-Cikampek Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melakukan evaluasi dalam penanganan mudik lebaran 2022. Dalam evaluasi tersebut, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi masih menemukan kemacetan, khususnya di kawasan jalan tol. 

Untuk itu, Kementerian Perhubungan menyebut akan ada penambahan rest area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek agar dapat difungsikan saat mudik Lebaran selanjutnya. Budi Setiyadi mengatakan, rest area tambahan sangat diperlukan. Pasalnya penumpukan pemudik di rest area menjadi salah satu penyebab kemacetan di jalan tol selama mudik Lebaran kemarin. 

Baca Juga: Menhub Budi Karya Sumadi Optimis Industri Penerbangan Global Segera Bangkit

Namun, Budi menjelaskan nantinya rest area tambahan hanya digunakan saat-saat tertentu seperti Lebaran serta Natal dan tahun baru yang berpotensi terjadi kemacetan di jalan tol. 

"Harus ada rest area cadangan yang mungkin bisa menjadi buffer zone untuk menampung cukup banyak (kendaraan). Tetapi tidak digunakan saat rutin seperti sekarang ini," ujarnya saat konferensi pers, Selasa (17/5/2022). 

Dia menyampaikan, selain antrean keluar masuk dan kepadatan di rest area, kendaraan mogok dinilai menjadi faktor hambatan bagi lalu lintas kendaraan di jalan tol. Budi mencatat, banyak kendaraan pemudik yang kehabisan bensin, pecah ban, dan ganti ban. 

“Jadi nanti kalau kita punya buffer zone yang cukup luas, barangkali nanti pada saat lebaran ini bisa menampung. Akan tetapi menurut saya tidak hanya di situ saja, bisa jadi nanti antara Semarang dengan terutama dari mulai Cikampek sampai Cirebon. Jadi sementara sudah ada di satu lokasi itu nanti kalau bisa tahun 2023 sudah bisa kelihatan lah gitu,” ucapnya. 

Kendati demikian, Kemenhub tidak hanya berencana mendirikan satu rest area tambahan tersebut tapi juga membuka kemungkinan di beberapa titik lainnya, seperti mulai dari Cikampek hingga Cirebon dan Semarang. 

Baca Juga: Desak Airlangga Hartarto Mundur dari Kabinet Jokowi, Rocky Gerung: Suasana Politik Panas!

"Sementara sudah ada di 1 lokasi itu dan Pak Menteri minta sih nanti kalau bisa tahun 2023 sudah bisa kelihatan lah," kata dia.

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan