Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

TeamViewer dan SAP Digitalisasi Operasi Gudang dengan Augmented Reality

TeamViewer dan SAP Digitalisasi Operasi Gudang dengan Augmented Reality Kredit Foto: TeamViewer
Warta Ekonomi, Jakarta -

TeamViewer, perusahaan global terkemuka untuk konektivitas jarak jauh dan solusi digitalisasi tempat kerja, mengumumkan integrasi platform Augmented Reality (AR) atau realitas berimbuh milik perusahaannya, Frontline, dengan aplikasi SAP® Extended Warehouse Management (SAP EWM).

Dengan TeamViewer Frontline Augmented Reality, aplikasi yang didukung SAP dari TeamViewer dan bagian dari portofolio industry cloud SAP, pelanggan dapat meningkatkan proses logistik mereka di SAP EWM dan memberdayakan tenaga kerja mereka dengan pengambilan visi berbasis AR yang membantu meningkatkan produktivitas dan menciptakan proses yang lebih efisien di seluruh gudang serta operasi logistik mereka.

Baca Juga: TeamViewer Luncurkan AiStudio, Tambah Lapisan Keamanan Tempat Kerja Berbasis AI

Stefan Krauss, SVP, General Manager Discrete Industries and Energy & Natural Resources di SAP, mengatakan, bahwa efek dari gangguan baru-baru ini dalam rantai pasokan global telah dirasakan oleh hampir semua orang. Perusahaan yang paling cepat beradaptasi telah menerapkan aplikasi manajemen gudang yang gesit seperti SAP EWM, yang memungkinkan mereka menyesuaikan diri dengan cepat terhadap guncangan eksternal dan merespons permintaan, pasokan, dan tantangan tenaga kerja dengan cepat.

"Sekarang dengan integrasi solusi pengambilan visi berbasis AR TeamViewer, bersama-sama kami dapat membantu pelanggan kami membangun rantai pasokan yang lebih tangguh yang juga hemat biaya untuk dijalankan," kata Stefan dalam keterangan tertulis di Jakarta, dikutip Kamis (19/5/2022).

Sementara itu, Alfredo Patron, Executive Vice President Business Development di TeamViewer, mengatakan, "Kemitraan kami dengan SAP didasarkan pada serangkaian tujuan bersama: inovasi dan disrupsi melalui teknologi mutakhir yang mendukung perusahaan dalam transformasi digital mereka. Solusi pengambilan visi kami secara signifikan meningkatkan proses masuk dan keluar gudang, menghasilkan tingkat pengambilan yang lebih cepat, akurasi yang lebih baik, dan pada akhirnya kepuasan pelanggan yang lebih tinggi. Selain itu, ini mengurangi waktu pelatihan dan orientasi pekerja di lingkungan churn karyawan yang tinggi."

Integrasi dengan Frontline dan SAP EWM memungkinkan bisnis untuk secara langsung menghubungkan pekerja gudang dan logistik secara real-time dengan data dan informasi penting yang mereka butuhkan untuk melakukan tugas mereka. Alur kerja berbasis AR memberikan petunjuk langkah demi langkah kepada pekerja yang menggunakan kacamata pintar dan perangkat wearable yang memungkinkan mereka bekerja tanpa menggunakan tangan, meningkatkan tingkat pengambilan rata-rata 10-15 persen dan menurunkan tingkat kesalahan mendekati nol.

Pada saat yang sama, wawasan data baru diteruskan kembali ke aplikasi SAP EWM tepat di tempat kerja untuk memungkinkan validasi dan pengoptimalan proses berkelanjutan yang dapat mendorong penghematan biaya yang signifikan.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan